Antara Mitos dan Khasiat

Oleh: Agnes Swetta Pandia

Jamu Madura tersohor khasiatnya. Jamu madura tidak hanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, tetapi juga berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas kaum pria. Industri jamu di Pulau Madura itu umumnya di rumah penduduk.

Tidak seluruh bahan bakunya adalah hasil tanaman di Pulau Madura, tetapi justru dari daerah lain. Pelaku usaha rumahan yang khusus membuat jamu biasanya membeli bahan baku jamu di pedagang di Surabaya.

Hal ini seperti diungkapkan Abdullah Alkaf (33), yang mengembangkan usaha pembuatan jamu di rumahnya di Kabupaten Pamekasan. Selain jamu siap minum, pengusaha jamu umumnya juga menjual bahan baku. Biasanya konsumen membeli paket bahan baku jamu untuk satu jenis penyakit.

Hampir setiap malam di tempat usaha mengolah jamu sekaligus sebagai toko, Abdullah menyediakan jamu siap minum. "Banyak pelanggan pada sore hari datang ke warung ini untuk minum jamu.

Mereka tinggal menyebut jamu untuk mengurangi rasa lelah atau sesuai dengan penyakit. Saya langsung menyeduhnya," kata ayah dari dua anak ini.

Cabai Jamu

Salah satu bahan baku jamu yang murni dari Madura adalah cabai jamu. Komoditas ini memiliki prospek cerah karena permintaan pasar terus meningkat. Cabai jamu memiliki banyak khasiat, baik untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan. "Bukan hanya pengusaha jamu kelas rumahan yang butuh cabai jamu, tetapi juga pabrik jamu dan obat," katanya.

Menurut Moya (40), cabai jamu memiliki nilai ekonomis tinggi karena harga jual dan kemampuan produksinya cukup tinggi. Proses pembudidayaannya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memetik hasilnya.

Proses panennya sangat cepat. Dalam setahun, petani bisa memetik buahnya minimal dua kali.

Pengembangan areal cabai jamu setiap tahun semakin bertambah, terbukti arealnya telah merambah ke beberapa kecamatan.

Menurut Moya, yang paling digemari konsumen adalah jamu rapat ayu dan jamu sehat, yang memang sudah dipatenkan perusahaan tempat dia bekerja. "Sekarang berbagai penyakit diobati dengan minum jamu.

Setiap hari konsumen berjubel membeli bahan baku atau jamu yang sudah siap dikonsumsi," kata Moya.

Bahan baku jamu yang tersedia di perusahaan tersebut sedikitnya 100 jenis, mulai akar pohon, kulit pohon, daun, biji-bijian, sampai rempah-rempah. "Kami tidak hanya menyediakan bahan baku, tetapi juga mengolah dan mengemas jamu untuk dijual di kios atau toko obat," kata Ina (25).

Konsumen biasanya membeli bahan baku dalam jumlah besar. Ada juga konsumen yang membeli jamu siap seduh. "Hampir setiap hari kami menggiling bahan baku jamu karena permintaan akan jamu terus meningkat, terutama untuk mengurangi asam urat, kolesterol, dan diabetes," ujar Ina.

Menurut Abdullah Alkaf, khasiat Jamu Madura tidak perlu diragukan sebab jumlah peminatnya terus bertambah seiring dengan semakin beragamnya penyakit. Jamu Madura memang unggul dalam peningkatan vitalitas bagi kaum pria maupun perempuan.

Bukan hanya mitos, Jamu Madura benar-benar berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit. Industri jamu yang pemrosesannya di rumah umumnya juga sudah berupaya mendapatkan sertifikasi dari dinas kesehatan sehingga produknya benar-benar aman dikonsumsi.

Sumber: kompas.com Rabu, 28 Mei 2008

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda