Usul Durian Jadi Agrowisata

SIAPA yang meragukan potensi buah durian di Kecamatan Pegantenan? Tentu saja, tidak seorang pun meragukannya. Begitu juga Ketua Komisi B DPRD Pamekasan Ismail A. Rahim. Apa dan bagaimana pandangannya dalam upaya pengembangan potensi durian, berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana Anda melihat potensi durian di Kecamatan Pegantenan?

BUAH durian asal Kecamatan Pegantenan cukup potensial untuk dikembangkan. Sebab, selain jumlahnya sangat banyak, kualitasnya cukup bagus. Makanya, kalau dikembangkan lebih jauh kami yakin akan lebih berkembang lagi.

Apa yang bisa dikembangkan dari potensi durian tersebut?

Menurut hemat saya, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk pengembangan buah durian di Kecamatan Pegantenan dengan menjadikannya sebagai kawasan agrowisata. Tentu saja, itu membutuhkan investasi lumayan besar. Namun, kalau digarap kami, optimistis potensi buah durian itu akan semakin mendatangkan rupiah.

Terus, apa yang harus dilakukan pemkab dalam hal ini?

Untuk itulah, saya usul agar beberapa wilayah di Kecamatan Pegantenan yang menghasilkan durian dibuatkan semacam zona khusus. Selanjutnya, zona khusus tersebut dibina lebih jauh oleh pihak terkait.

Bagaimana dengan sarana penunjangnya?

Setelah potensinya semakin berkembang, pemkab harus membangun sarana dan prasarananya. Kalau sudah ada zona khusus durian dan sarananya lengkap, sudah tidak sulit lagi untuk mendatangkan pembeli ke Pegantenan. Misalnya, pembeli bisa memetik durian sendiri seperti wisata apel di Malang. Ini kan bagus, saya kira perlu dipertimbangkan. (akhmadi yasid)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 09 Februari 2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda