Festival Musik Tongtong

Hujan, Penonton Membludak

Rangkaian peringatan Hari Jadi Sumenep ke-739 dimeriahkan Festival Musik Tongtong. Meski sempat turun hujan kemarin malam, festival tetap berlangsung.

Sebanyak 33 kelompok musik Tongtong dari beberapa kabupaten unjuk kebolehan. Ribuan warga memadati jalan protokol yang akan dilalui musik Tongtong atau yang dikenal dengan nama Ul-Daul.

Musik Tongtong memang cukup pesat berkembang di Madura. Musik ini dimainkan belasan orang. Alat musiknya bukan hanya tongtong, tapi dipadu dengan alat musik tradisional lainnya. Seperti, gendang, saronen, dan kelenengan.

Bahkan, ada grup yang menambah dengan alat musik modern seperti terompet. Mereka memainkan musik itu di atas sasis truk yang dihiasi dengan berbagai macam dekorasi, seperti kereta kuda.

Tapi, hiasan dan dekorasi bukan satu-satunya penilaian untuk jadi juara. Kekompakan dan kreasi musik merupakan penilaian utama untuk merebut tropi bergilir Bupati Sumenep.

Agenda tahunan ini kemarin malam dilepas Bupati Sumenep Moh. Ramdlan Siraj di depan GOR A. Yani Panglegur. Selanjutnya, peserta berjalan menempuh jarak 3 km.

Festival ini menyedot perhatian warga. Sepanjang rute yang dilewati kelompok musik Tongtong dari GOR menuju Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Panglima Sudirman, dan hingga finish di depan Masjid Agung penuh sesak dengan penonton.

Sekretaris Panitia Pelaksana Mohammad Ridwan SE mengatakan, Festival Musik Tongtong merupakan kalender tahunan untuk memeriahkan Hari Jadi Sumenep. "Alhamdulillah, meski sempat hujan, kegiatan tetap berjalan dan penonton membludak," katanya.

Selain memerebutkan tropi bergilir Bupati Sumenep, panitia menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp 38 juta. "Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk melestarikan kesenian Madura," kata Ridwan.

Dari hasil penilaian juri, kelompok musik Tongtong Putra Angin Ribut dari Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, berhasil menjadi juara umum. (zr/mat)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 27 Oktober 2008

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda