Delapan Kecamatan di Pamekasan Rawan Bencana

Delapan dari 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura, masuk kategori rawan bencana alam.

“Ini karena di delapan kecamatan tersebut selalu saja terjadi bencana setiap tahunnya,” kata Bupati Pamekasan Kholilurrahman, Kamis (4/3/2010).

Delapan kecamatan tersebut adalah, Pademawu, Proppo, Pegantenan, Palengaan, Larangan, Kadur, Galis dan Kecamatan Pakong.

Jenis bencana yang terjadi di wilayah tersebut kebanyakan berupa angin puting beliung, tanah longsong dan kebakaran. “Di tahun 2010 ini, bencana alam yang banyak terjadi angin puting beliung,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Pamekasan, bencana angin puting beliung menempati urutan pertama dibanding jenis bencana alam lainnya, seperti banjir, kebakaran dan tanah longsor.

Dari jumlah total 83 kejadian bencana alam yang terjadi di Pamekasan selama tahun 2008 lalu, 49 kejadian diantara berupa bencana alam angin puting beliung. Korban jiwa akibat bencana alam tersebut mencapai 483 orang, dan 10 orang di antaranya meninggal dunia.

“Jumlah total kerugian material mencapai Rp 37 juta, sesuai dengan jumlah bantuan yang disalurkan kepada korban bencana oleh Pemkab Pamekasan,” kata Kepala Disosnakertrans Herman Priyanto.

Saat ini, lanjut Herman, korban bencana diperkirakan lebih banyak lagi. Sebab dalam dua bulan saja, kerugian material sudah mencapai Rp 36 juta lebih.

“Bantuan korban bencana alam yang kami salurkan kepada korban bencana di delapan kecamatan itu jumlah totalnya Rp 36.050.000,00, hampir sama dengan bantuan yang disalurkan pemkab sepanjang tahun 2008 lalu,” papar Herman.

Sementara kecamatan yang masuk kategori aman dari peristiwa bencana alam ialah kecamatan Kota Pamekasan. Selama dua tahun terakhir ini, di wilayah Kecamatan Kota tidak pernah terjadi bencana alam yang menelan korban jiwa ataupun jenis kerusakan material lainnya.

Sumber: Surya, Kamis, 4 Maret 2010

Label: , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda