Pamekasan Tetap Dipuncak
'Phytagoras Competition 2010'

Pamekasan kembali berhasil meraih juara umum dalam lomba mata pelajaran sain tingkat SMP yang digelar oleh SMAN1 Pamekasan. Dalam lomba sain yang bertitel Phytagoras Competition tahun 2010 ini Pamekasan berhasil meraih 7 dari 12 juara yang dipilih Panitia. Sementara sisanya 4 juara diraih utusan Sumenep dan 1 utusan Bangkalan.

Dalam Phytagoras Competition kali ini ada empat mata pelajaran yang dilombakan, yakni mata pelajaran fisika, matematika, biologi dan informatika. Di tiap mata pelajaran panitia memilih lima terbaik, tiga untuk juara utama dan dua juara harapan.

Lomba mata pelajaran ini diikuti oleh 1361 siswa SMP se Madura, rinciannya 545 peserta mata pelajaran biologi, fisika 242 peserta, matematika 376 dan informatika 198 peserta.

Tujuh gelar juara yang berhasil diraih Pamekasan adalah juara 1,2 dan 3 untuk mata pelajaran Biologi, yang diraih oleh Fitriana Wadianur, Fadilatin Nailah dan Fadiah Ula Khairini — ketiganya berasal dari SMPN 1 Pamekasan. Juara 2 dan 3 untuk mata pelajaran Matematika, masing-masing diraih oleh Nurur Rahin siswa SMPN 1 Pamekasan dan Ubaid El Ahyar siswa MTsN Model Sumber Bungur Pakong.

Dua juara lainnya yang diraih Pamekasan adalah mata pelajaran informatika. Dalam bidang ini utusan Pamekasan berhasil meraih juara 1 dan 2 yang diraih oleh Nurul Hasanah dan Khuroini Sukmaning keduanya siswa SMPN 2 Pamekasan.

Satu juara yang diraih utusan Bangkalan adalah juara 2 untuk mata pelajaran fisika yang diraih Arief Rahman Hakim dari SMPN Kamal.

Sementara empat juara yang diraih peserta dari Sumenep antara lain juara 1 dan 3 mata pelajaran Fisika atas nama Achmad Auli Aluin dan Yoha Prakoso dari SMPN 1 Sumenep. Lalu juara 1 untuk mata pelajaran matematika atas nama Moh Taufiq Hakiki dari SMPN 1 Sumenep dan terakhir juara 3 untuk mata pelajaran informatika atas nama Dito Setiadarma dari SMPN 1 Sumenep.

Babak penyisihan dari Phytagoras Competition ini dilaksanakan pada Minggu (7/3) dan babak semi final dan final dilaksanakan Minggu (14/3) di kampus SMAN 1 Pamekasan Jl Pramuka Pamekasan. Dalam babak penyisihan panitia memilih 30 peserta terbaik dari tiap mata pelajaran yang diadu dalam babak semi final.

Dari semi final ini dipilih lima terbaik dari tiap mata pelajaran yang kemudian diadu lagi dalam babak grand final. Bagi para pemenang atau juara selain mendapat hadiah uang pembinaan dan trophy, juga mendapat bonus diterima masuk tanpa tes, menjadi siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMAN 1 Pamekasan.

Kepala SMAN 1 Pamekasan Drs Basyoir mengatakan, lomba mata pelajaran sain yang digelar tahun ini merupakan keenam kalinya. Lomba ini digelar sengaja untuk memotivasi semangat berlomba dan berprestasi bagi siswa SLTP.

"Selain itu juga untuk mencari bibit-bibit potensial yang akan mendapat prioritas pembinaan di sekolah ini," katanya Senin (15/3) pagi. (MASDAWI DAHLAN)

Sumber: Surabaya Post, Senin, 15 Maret 2010

Label: , , ,

2 Komentar:

Pada 13 Mei 2010 11.51 , Anonymous Return to My Blogg mengatakan...

smansa pamekasan ngadakan pndaftaran lagi y?

 
Pada 28 Februari 2011 06.29 , Blogger This Is Me mengatakan...

wah, ingat masa muda dulu, waktu SMPN 2 pamekasan pada phytagoras 2007 membawa 'kereta' piala.... :D, menyabet 20 dari 34 piala yang diperebutkan....

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda