Enam Pasang Sapi Terpilih

Pagi Ini Final Juara Atas dan Bawah

Agenda rutin tahunan, yakni kerapan sapi kembali digelar. Kemarin (18/10) giliran kerapan sapi tingkat Kabupaten Bangkalan dilaksanakan di lapangan kerapan sapi di Skep, Jl Pertahanan, Kelurahan Pejagan, Kota Bangkalan. Lomba ini sekaligus ajang mencari enam pasang sapi yang berhak melaju ke kerapan sapi tingkat eks karesidenan Madura.

Sebanyak 30 pasang sapi yang merupakan wakil dari lima eks kawedanan se Kabupaten Bangkalan turun berlaga. Masing - masing tampil maksimal untuk dapat mewakili Kabupaten Bangkalan pada perlombaan memperebutkan Piala Presiden di Pamekasan, minggu depan.

"Ajang ini memang mencari enam pasang sapi terbaik. Tiga pemenang dari kategori kalah dan tiga pasang dari kategori menang. Yang terpilih nantinya akan mewakili Bangkalan," ujar Saad Asj'ari, ketua penyelenggara.

Sejak pagi, ratusan masyarakat Bangkalan sudah memadati lapangan kerap yang cukup megah tersebut. Beberapa tokoh Bangkalan juga nongol untuk melihat dari dekat pasangan sapinya saat beradu cepat di lintasan pacu. Sebelum perlombaan dimulai, tari kolosal berjudul Pasemoan Kerraban Sapeh ditampilkan. Tari ini mengisahkan tentang serangkaian budaya kerapan sapi di Madura. Dimulai dari perawatan, ritual, perlombaan hingga perayaan kemenangan sapi kerap.

Hingga kemarin petang, enam sapi yang akan mewakili Bangkalan untuk merebut Piala Presiden 2009 sudah dapat diketahui. Tiga pasangan sapi dari kelompok menang adalah Anak Manja milik Aus Toni (Arosbaya), Teroris milik H Junaidi (Sepuluh) dan Gagak Rimang milik H M Thohir, SE (Socah). Sedangkan dari kategori kalah, tiga sapi yang akan mewakili Bangkalan adalah Satelit milik H Safiuddin Asmoro (Tanah Merah), Sandang Pusaka milik H Hamzah (Arosbaya) dan Satria milik Kades Banda Soleh Sepuluh.

"Untuk babak final, penentuan juara atas dan bawah terpaksa kita lanjutkan besok pagi (hari ini, Red.)," pungkas Saad. (ale/ed)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 19 Oktober 2009

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda