Ciptakan Lulusan Pembuat Lapangan Kerja

PEPATAH ekonomi tentang harus berani meminjam di bank bisa menjadi salah satu dasar Unijoyo membangun laboratorium wirausaha. Laboratorium ini dibangun untuk melatih mahasiswa Unijoyo menjadi seorang entreprenuer sejak kuliah. Sebuah upaya untuk meluluskan pembuat lapangan kerja, bukan pencari kerja.

Pihak kampus meyakini latihan sejak dini dengan pengawasan dan pendidikan yang benar akan membuat seseorang punya jiwa entreprenuer mantap. Laboratorium wirausaha disiapkan menjadi arena latihan untuk menanamkan jiwa usaha.

"Kami tidak ingin melahirkan lulusan yang takut meminjam uang di bank," tegas Ariffin, rektor Unijoyo. Karena itu, sambungnya, semua yang ada di laboratorium wirausaha dibuat senyata mungkin laiknya seorang memulai usaha baru.

"Nanti ada dosen yang akan membimbing. Ada juga dana yang akan digulirkan sebagai modal usaha. Mahasiswa akan diajari mulai dari membuat proposal usaha hingga bagaimana mereka harus berurusan dengan lembaga keuangan," ujarnya. Semua simulasi usaha itu dibuat agar tak ada lagi kata 'kekurangan modal' dalam kamus lulusan Unijoyo. Sebab, banyak pengangguran bertitel sarjana terpaksa tak melakukan apa-apa karena tak paham entreprenuer dan gagap memulai usaha.

Pemanfaatan gedung laboratrium wirausaha itu akan dimulai 2010 mendatang. Segala persiapan terus dimatangkan untuk menjadikan laboratorium itu sebagai lembaga yang diurus sepenuhnya oleh dan untuk mahasiswa. "Tentunya diawasi oleh para dosen. Sehingga, tata kelola usahanya bisa berjalan optimal. Jika berhasil, usaha yang dirintis itu akan menjadi bekal sebelum lulus kuliah," terangnya.

Untuk menggugah peran mahasiswa di laboratorium wirausaha itu, civitas akademik telah sepakat memasukkan mata kuliah soft skill wirausaha di setiap program studi. "Kami yakin, setiap ilmu dan teknologi harus disentuh dengan pengetahuan usaha. Semuanya untuk masa depan mahasiswa," tutur pria asal Malang ini. (nra/*)

Baca juga:

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 17 Oktober 2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda