Paduan Seni China-Madura

International Trade Center (ITC) Mega Grosir Surabaya menggelar Festival Imlek pada 3-26 Januari 2009 untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2560. Selain menampilkan seni tari, dalam festival ini ditampilkan bazar pernik-pernik dan makanan khas Imlek. Menariknya, dalam pertunjukan seni ditampilkan juga perpaduan seni China dan seni Madura.

General Manager PT Citraagung Tirta, Christine N. Tanjungan di Surabaya, Minggu 11/1) mengatakan, pertunjukan seni budaya Cina ini diikuti sembilan yayasan seni budaya Cina dari Surabaya dan sekitarnya. Pada Minggu kemarin misalnya, ditampilkan 200 pengisi acara dari tiga yayasan, di antaranya Yayasan Wijaya Kusuma, Yayasan Zhong-Zhong, dan Yayasan Central Park Mulyosari.

Menurut Supervisor Promotion ITC Mega Grosir Surabaya, Avy Chujnijah sekitar 200 pengisi acara menampilkan tarian dan nyanyian dari Cina, Tibet, Korea, dan Arabian. Misalnya menyajikan tarian Sin Jiang, tarian Gellang (Gelang) Ro`om, tarian Yue Yuan Hua Hao, musik tradisional Cina, hingga atraksi penyanyi tunggal.

Penampilan kolaborasi seni tari Cina dengan tari Madura, dengan nama tarian Gellang Ro`om memperoleh sambutan meriah dari pengunjung ITC Mega Grosir Surabaya. Apalagi lima orang dari tujuh orang penari wanita tersebut memiliki darah keturunan Cina.

Ketua II Yayasan Wijaya Kusuma sekaligus pelatih tari Gellang Ro`om, Siswanto Gondo Purnomo, menjelaskan bahwa perpaduan tari ini dilatarbelakangi cerita menarik.

Kolaborasi seni tari itu bercerita tentang sekumpulan wanita Madura yang giat bekerja dan senang memamerkan hasil jerih payahnya berupa seperangkat perhiasan dalam sebuah pesta rakyat. Mereka mengenakan perhiasan yang dimilikinya, hampir di seluruh bagian tubuhnya. Misalnya, gelang kaki, kalung, hingga anting-anting. "Untuk memeriahkan acara ITC Mega Grosir Surabaya pada tahun ini, kami menyajikan 28 tarian dengan 40 orang penari yang terdiri atas penari usia empat tahun hingga penari wanita 70 tahun," katanya.

Sumber: kontekaja.com

Label: , ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda