Ajala Sotra Coba Seragamkan Ejaan Bahasa Madura

Kelompok Kajian Bahasa dan Sastra Madura Ajala Sotra di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan menggelar forum bersama yang khusus membahas ejaan Bahasa Madura, dengan melibatkan semua elemen masyarakat Madura, Februari 2009.

Koordinator Ajala Sotra Sumenep, Januar Herwanto, Selasa (23/12//2008), menjelaskan, pembahasan ejaan Bahasa Madura yang melibatkan semua elemen masyarakat dari empat kabupaten di Madura, merupakan sebuah keharusan.

“Sesuai hasil pertemuan kami dengan Tim Pembina Bahasa Madura (Nabara) Sumenep, pembahasan ejaan Bahasa Madura hingga sekarang, ternyata belum tuntas,” katanya di Sumenep. Sejak era 1970-an, katanya, sejumlah forum pembahasan ejaan Bahasa Madura telah dilaksanakan, baik di Madura maupun di luar Madura.

“Tapi, semua pembahasan ejaan tersebut belum menghasilkan satu keputusan atau kesepakatan. Elemen masyarakat Madura di empat kabupaten, belum bisa merumuskan satu ejaan yang disepakati, untuk diajukan pengesahannya oleh Balai Bahasa di Surabaya,” katanya menambahkan.

Januar juga menjelaskan, pihaknya agak heran atas munculnya rekomendasi dari Kongres Bahasa Madura di Pamekasan beberapa waktu lalu, berupa permintaan agar Balai Bahasa di Surabaya segera mengesahkan ejaan Bahasa Madura.

“Kami akan meminta Balai Bahasa di Surabaya menangguhkan realisasi rekomendasi tersebut, karena belum ada satu rumusan tentang ejaan Bahasa Madura. Sebagai jalan keluarnya, kami akan menggelar forum bersama yang agendanya khusus membahas ejaan, dengan melibatkan elemen di empat kabupen di Madura, pada bulan Februari 2009,” katanya. (ant)

Sumber: Surya, Selasa, 23 Desember 2008

Baca juga:
Kecewa Kongres Bahasa Madura

Label: , , , , , ,

2 Komentar:

Pada 13 Februari 2009 pukul 05.04 , Blogger Unknown mengatakan...

Sekalian dibahas mengenai wikipedia bahasa madura yang terbengkalai karena tidak ada komunitas pendukungnya.

 
Pada 21 April 2011 pukul 13.29 , Anonymous i-tasik mengatakan...

ikut mampir om kebawa google..mantap deh artikelnya..
i-tasik

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda