Yayasan Al-Raziqin Pamekasan

Lembaga Pendidikan Sekaligus Tempat "Penitipan" Anak

Yayasan Al-Raziqin di Asta Rabah, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, tidak hanya menyelenggarakan pendidikan keagamaan. Meski terbilang lembaga pendidikan yang masih baru, pendidikan umum juga dilaksanakan.

Yayasan Al-Raziqin membahi beberapa lembaga pendidikan. Terutama, pendidikan untuk anak. Mulai dari TK/RA, TPA dan diniyah. Untuk pendidikan TK/RA dilaksanakan pada pagi hingga siang hari. Sedangkan TPA dan diniyah dilaksanakan pada sore hari.

Pola pendidikan yang berlangsung hampir selama sehari ini, membuat para siswa-siswinya mengikuti pendidikan kedua-keduanya sekaligus. Yakni, pendidikan TK/RA pada pagi hari dan TPA atau diniyah pada sore harinya.

Sehingga, tak heran bila Yayasan Al-Raziqin bisa disebut juga dengan tempat "penitipan" anak. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi para orangtua. Khususnya, mereka yang memiliki kesibukan, baik suami maupun istri.

"Disini memang banyak anak yang mengikuti pendidikan dari pagi hingga sore hari. Sehingga, orangtua tidak khawatir dengan anak-anaknya," kata Halimatus Sakdiyah A Md.Pd, pengasuh Yayasan Al-Raziqin.

Ada beberapa alasan yang bisa membuat orangtua tidak khawatir. Menurut Halimatus, selain menggunakan pola pendidikan kekeluargaan, pendidikan yang dilaksanakan juga dengan sistem berkesinambungan. "Jadi, ada banyak anak yang sekaligus mengikuti pendidikan pagi dan sore," paparnya.

Dengan pola pendidikan yang berkesinambungan itu, banyak anak-anak dari perkotaan menjadi siswa-sisw di Yayasan Al-Raziqin. "Dari kota banyak, termasuk dari pinggiran kota seperti Jalan Kangenan. Orangtuanya memang tidak waswas karena percaya sepenuhnya kepada kami," kata Halimatus.

Lebih jauh dijelaskan, kondisi Yayasan Al-Raziqin terus mengalami perkembangan cukup pesat. Itu seiring dengan banyaknya bantuan dari donatur untuk pembangunan.

Pada 2007 lalu, misalnya. Dari berbagai bantuan dari donatur, Yayasan Al-Raziqin mulai membangun gedung lokal. "Sebelumnya, kita memang banyak menggunakan kediaman pribadi dan musala. Alhamdulillah, terus berkembang pesat," terangnya.

Selain dilengkapi dengan gedung lokal, di Yayasan Al-Raziqin juga tersedia aneka permainan untuk menunjang pendidikan anak. Terutama, permaianan-permainan yang berkaitan dengan peningkatan kecerdasan. "Kami banyak dibantu pemkab juga dengan adanya bantuan peralatan mainan anak," pungkas Halimatus Sakdiyah. (AKHMADI YASID)

Sumber: Jawa Pos, Jumat, 11 Apr 2008

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda