Desa Miskin Turun Drastis Tinggal 74 Desa


SP/Masdawi Dahlan BUPATI Kholil dalam pengajian akbar muslimat NU dan KH R Kholil Asat (inzet)


Bupati Pamekasan Khalilurrahman menegaskan, selama empat tahun memimpin Pamekasan bersama wakilnya, Kadarisman Sastrodiwirjo, telah membuahkan banyak keberhasilan. Sekalipun dia juga mengakui ada beberapa hal yang belum tuntas. Hal itu disampaikan oleh bupati Kholil, panggilan akrabnya, saat memberi sambutan dalam acara Pengajian Akbar Muslimat NU Pamekasan yang bekerjasama dengan Pemkab Pamekasan, di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati, Sabtu (21/4) kemarin.

Pengajian yang dihadiri ribuan kaum muslimin dan muslimat dari penjuru Pamekasan itu mendatangkan penceramah tunggal, yakni KH R Kholil Asat, pengasuh pondok pesantren Wali Songo, Situbondo. Dalam pengajian itu seluruh anggota Forum Pimpinan daerah (Forpida), para camat dan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, juga hadir. Menurut Bupati, salah satu keberhasilan yang harus diketahui oleh masyarakat adalah, berkurangnya jumlah desa miskin secara drastis. Menurut dia, pada saat dilantik menjadi pimpinan daerah pada tahun 2008 lalu, jumlah desa miskin di Pamekasan mencapai 144 desa dari 189 desa dan kelurahan yang ada di Pamekasan. Namun pada akhir tahun 2010 lalu, katanya, jumlah itu sudah berkurang drastis hanya tinggal 77 desa saja.

“Berarti telah ada penurunan sekitar 50 persen jumlah desa miskin yang ada di Pamekasan selama kami berdua dengan Pak Dadang memimpin Pamekasan. Ini merupakan bentuk rahmat dari Allah SWT. Dan harus disyukuri sebagai sebuah keberhasilan dari kerja kita bersama. Memang kita tidak bisa membalik tangan 100 persen harus tuntas. Karena kita tak bisa, bim salabim,” candanya.

Bupati Kholil mengajak agar masyarakat Pamekasan selalu menyikapi pelaksanan pembangunan itu dengan sikap religius. Selain itu juga mengingatkan agar masyarakat Pamekasan selalu mengharap ridla Allah SWT dalam mensyukuri keberhasilan yang dicapai. Sebab sebuah keberhasilan yang tidak diiringi dengan syukur dan menghaharap ridla Allah, maka keberhasilan itu tidak akan banyak bermanfaat. Tekat dengan program pembangunan prioritas pada tahun 2012 ini, sebagai tahun kelima kepemimpinannya, Bupati Kholil menegaskan bahwa pada tahun ini pihaknya konsentrasi melakukan penuntasan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan. Menurut dia, seluruh jalan strategis yang berkaitan dengan percepatan ekonomi akan diperbaiki total pada tahun ini.

“Sudah direncanakan semua jalan strategis di desa dan kecamatan yang berkaitan dengan kepentingan akselerasi pembangunan ekonomi akan diperbaiki, mudah- mudahan tidak ada halangan. Memang tahun ini komitmen pembangunan pada bidang infrstruktur jalan sangat besar. Utamanya untuk membuka akses bagi desa atau wilayah terisolir,” katanya.

Sementara itu KH R Kholil Asat pengasuh pondok pesantren Wali Songo Situbondo dalam ceramahnya, mengajak masyarakat Pamekasan untuk banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan banyak mengikuti sunnah rasululllah. Dia juga mnengajak umat untuk mendoakan agar para peminpin bangsa Indonesia baik di pusat maupun di daerah diberi hidayah oleh Allah SWT, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. (mas)

Sumber: Surabaya Post, Minggu, 22/04/2012

Label: , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda