Pengembangan Gua Lebar Terhambat
Pembebasan Lahan

Pengembangan objek wisata Gua Lebar yang bakal dijadikan sebagai salah satu ikon wisata Kabupaten Sampang rupanya masih terganjal pembebasan lahan milik warga setempat. Pemilik lahan menolak dengan harga tanah yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang.

"Kami sekeluarga sudah sepakat mematok harga Rp 200 ribu per meter persegi, tetapi pihak Pemkab hanya menawar dengan harga Rp 60 ribu. Tentu saja saya tidak akan melepaskan tanah itu, karena pasti nanti digugat ahli waris yang lain,” kata Rohadi, salah seorang ahli waris tanah, Minggu (4/3) pagi tadi.

Tanah yang akan dibebaskan Pemkab untuk pengembangan wisata Gua Lebar totalnya satu hektare. Rinciannya, setengah hektare milik keluarga Rohadi yang totalnya ada tujuh ahli waris, sedangkan setengah hektare sisanya tanah negara.

“Bukannya kami menolak, hanya saja kami tidak cocok dengan harga yang ditawarkan Pemkab, terlalu murah,” tandasnya.

Lokasi tanah yang masih belum dapat dibebaskan itu sangat strategis, karena tepat berada di sisi sebelah timur bibir gua yang mirip kawah berdiameter 50 meter persegi dengan kedalaman mencapai 100 meter. Bahkan di areal tanah sengketa tersebut telah ditanami beberapa pohon mahoni dan beringin untuk pengembangan konsep hutan di atas batu.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika sudah beberapa kali tim sembilan Pemkab atau tim appraisal (penaksir) melakukan negosiasi dengan dia yang mewakili ahli waris. Namun tidak pernah ada titik temu, sehingga membuat ia merasa capek fisik dan mental karena harus mondar mandir dipanggil ke kantor Pemkab untuk membicarakan kesepakatan harga tanah miliknya.

“Saya sebenarnya capek sendiri, berkali-kali negosisasi tapi tidak pernah ada titik temu,” ujar Rohadi yang menjadi pegawai pesuruh salah satu SD tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pemkab Sampang, Aji Waluyo, ketika dikonfirmasi menyesalkan sikap pemilik tanah tetap ngotot tidak bersedia melepas tanahnya. Jika Rohadi mengungkapkan harga penawaran dari Pemkab sebesar Rp 60 ribu per meter persegi, berbeda dengan Aji yang menegaskan jika penawaqran Pemkab Rp 100 ribu per meter persegi.

“Kekuatan dana APBD yang kita miliki untuk biaya pembebasan lahan sangat terbatas, hanya sebesar Rp 250 juta. Jadi tidak mungkin kita mengabulkan permintaan pemilik tanah tersebut," jelas Aji.

Lebih lanjut Aji menambahkan, pihaknya telah melibatkan tim appraisal sebagai tim independen dalam menaksir harga tanah di lokasi obyek wisata Gua Lebar. Berdasarkan hasil survei tim, tanah itu harganya berkisar Rp 50 ribu per meter.

"Bahkan jika mengacu Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) harganya jauh lebih murah, yaitu hanya berkisar Rp 25 ribu, tapi sayangnya upaya kita tidak direspon positif oleh pemilik lahan," tukasnya. (rud)

Sumber: Surabaya Post, Minggu, 04/03/2012

Label: , , ,

2 Komentar:

Pada 9 Mei 2016 15.23 , Blogger Zheng junxai5 mengatakan...

zhengjx20160509
cheap toms shoes
burberry handbags
louis vuitton outlet
ralph lauren home
oakley sunglasses
nike outlet store
jordan concords
lebron james shoes 13
kd 8
christian louboutin shoes
coach outlet online
ed hardy outlet
hollister kids
michael kors handbags
air force 1 trainers
coach factory outlet online
montblanc pens
lebron 13
coach outlet
coach factory outlet online
louis vuitton handbags
cheap toms
coach factory outlet online
louis vuitton outlet
tiffany and co jewelry
michael kors outlet online
louis vuitton outlet stores
michael kors outlet clearance
michael kors purses
michael kors outlet
michael kors outlet
kobe shoes
michael kors handbags
coach outlet
toms
longchamp le pliage
tiffany and co
coach factory outlet
michael kors outlet online
cheap jordans

 
Pada 13 Juli 2016 10.05 , Blogger xjd7410@gmail.com mengatakan...

gucci outlet
michael kors outlet clearance
ray ban sunglasses
tory burch outlet online
toms outlet
toms wedges
oakley outlet
toms wedges
gucci outlet online
christian louboutin sale
adidas superstar trainers
giuseppe zanotti
beats by dr dre
lebron 12
ray ban sunglasses outlet
michael kors outlet
timberlands
coach outlet
kate spade handbags
adidas factory outlet
nike trainers women
nike free run
longchamp outlet
cheap jordans
air jordan shoes
chenyingying2016713

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda