PKK Kembangkan Mente

Tim Penggerak PKK Kabupaten Sampang membuat sebuah terobosan baru dalam mengolah biji mente yang selama ini hanya disuguhkan sebagai camilan atau campuran coklat menjadi berbagai makanan olahan yang dapat mengundang selera.

Kreasi makanan olahan yang dibuat ibu-ibu tim penggerak PKK Kecamatan cukup kreatif. Mulai dari sambal goreng mente, sate bumbu mente atau pun srundeng udang mente serta berbagai aneka menu masakan yang mengunakan bahan dasar dari mente.

Ketua tim Penggerak PKK Kab. Sampang, RA Winahyu Noer Tjahja, mengatakan, pihaknya memilih mengembangkan mente sebagai bahan dasar makanan olahan, alasannya karena sebagaimana diketahui Kec. Ketapang sudah dikenal luas sebagai penghasil mente yang cukup berkualitas.

“Tetapi sayangnya produk unggulan tersebut belum dapat mengangkat nama Sampang dan meningkatkan taraf hidup para petani jambu mente. Masalahnya, karena tidak didukung dengan pengolahan dan pemasaran yang baik dan professional. Sehingga petani hanya menjual mente mentahannya saja atau sekedar digoreng tanpa diolah dan dikemas secara baik untuk meningkatkan nilai jual, “ katanya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh anggota tim penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa agar lebih serius lagi dalam mengelola berbagai produk unggulan yang dimiliki daerahnya masing-masing. Salah satu diantaranya dengan memasarkan mente Sampang agar bisa berkembang pemasarannya melalui kemasan yang lebih modern.

”Jika hanya dijual mentahannya saja atau dalam bentuk gorengan, maka dari segi pemasarannya tentu saja cukup terbatas. Tetapi apabila dikemas menjadi berbagai masakan olahan dengan mengunakan bahan dasar mente, saya yakin para konsumen akan semakin melirik mente kita, “ tukasnya. (rud)

Sumber: Surabaya Post, Selasa, 10 November 2009

Label: , , ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda