Bubur Sarikoyo Dari Bangkalan

Bagi warga bangkalan. Saat ini ada menu khusus yang tidak lagi didapatkan selain bulan ramadlan. Ya, namanya Bubur Sarikoyo. Meski mirip dengan nama buah yaitu srikaya, tetapi bahan utama pembuatan bubur sarikoyo tak sedikitpun berasal dari buah tersebut.

Makanan ringan ini, terbuat dari irisan pisang raja, roti tawar serta santan bercampur telur. Sarikoyo ini biasa menjadi menu pengantar berbuka puasa. Namun, karena banyaknya permintaan dari penggemar bubur Sarikoyo, saat ini bubur sarikoyo tidak lagi disantap pada menu buka puasa. Tetapi sudah menjadi santapan setiap hari warga Bangkalan.

Menu khas bangkalan yang satu ini, tidak kalah nikmat dengan menu santapan di tempat lain. Warga Bangakalan biasa menyebut makanan ringan ini dengan sebutan sarikoyo. Apalagi, proses pembuatannya sangat mudah.

Mau tahu?. Jika anda kebelet membuat menu yang satu ini. Maka. siapkan wadah sesuai selera yang diisi dengan roti tawar yang disuwir-suwir. Lalu, campurankan santan dan telur. Nah, di atas wadah tersebut kemudian diberi irisan pisang raja.

Setelah selesai, sarikoyo yang setengah jadi ini kemudian dikukus Selama 10 hingga 15 menit. Sarikoyo yang sudah dikukus selama 15 menit tersebut sudah siap dihidangkan. Sangat mudah kan.

Aminah, penjual sarikoyo mengatakan, makanan ringan sarikoyo ini dulunya memang khusus dibuat pada bulan puasa. Namun, saat ini tidak. Sarikoyo dibuat dari irisan pisang raja, roti tawar dan susu dicampur telur. Agar aroma bisa menyatu, sarikoyo ini kemudian dikukus selama kurang lebih 10 menit.

Setiap hari, warung aminah ini ramai dikunjungi pelanggan. Seperti Muawanah, warga Bangkalan yang biasa menyantap sarikoyo. Muawanah mengaku, sarikoyo terasa nikmat dan segar, irisan pisang raja bercampur roti tawar dan susu yang telah dikukus terasa sejuk di tenggorokan.

“Untuk, menikmati sarikoyo, saya tidak menunggu lagi bulan puasa. Saat ini sudah tersedia. Rasanya sama-sama nikmat,” katanya.

Dalam setiap porsinya, sarikoyo ini dijual dengan Rp 4 ribu. Dalam sehari, Aminah bisa menjual sedikitnya 50 porsi sarikoyo. Mau? Silahkan mencoba membuatnya.(Hrs)

Sumber: berita8.com, Jum'at, 06 Maret 2009

Label: , , ,