Memasuki Bulan Sya'ban, Asta Tinggi Dipadati Peziarah

Memasuki bulan Sya’ban, sejumlah tempat wisata religius dipadati pengunjung. Salah satunya pemakaman raja di Asta Tinggi. Selama dua hari kemarin, jumlah pengunjung meningkat.

Biasanya, Asta Tinggi ramai didatangi peziarah ketika liburan sekolah. Namun, pada waktu istimewa seperti bulan Sya’ban, Ramadan, dan Muharrom, tempat pemakaman raja-raja Sumenep ini tak sepi dari peziarah.

”Selama musim liburan, Asta Tinggi penuh sesak peziarah. Karena sekarang hampir bulan Sya’ban,” kata salah seorang penjaga Asta Tinggi, Abd Raqib.

Di sejumlah makam raja, para peziarah khusyuk membaca serangkaian doa dan zikir. Ada yang membaca istigfar dan surat Yasin serta bacaan lainnya. Sehingga, cungkup bangunan ukuran 6x5 meter itu dipadati peziarah.

Saat ini, sedikitnya 700 warga mendatangi tempat ini. Padahal, sebelum liburan sekolah, pengunjung yang datang berkisar antara 200 hingga 300 pengunjung.

Biasanya wisatawan mengawali kunjungannya ke makam Sayyid Yusuf di Pulau Talango. Setelah dhuhur, Asta tinggi baru terlihat ramai.

Salah seorang wisatawan asal Pasuruan, Moh. Anwar mengaku mengunjungi asta tinggi untuk mengetahui makam raja-raja, peninggalan keraton Sumenep.

Sebab, dari sejarah, keraton Sumenep masih memiliki hubungan dengan Pulau Jawa. Selain ingin tahu tempat bersejarah, dia bersama keluarganya juga ingin mengharap berkah dari para tokoh dan ulama yang disemayamkan di tempat tersebut.iir

Sumber: Surabaya Post, Senin, 27 Juli 2009

Label: , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda