Ponpes Al Muniri di Madura Diteror Roh Halus

Foto: Ardi Yanuar Pamekasan
Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muniri, di Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Madura seolah diteror roh halus. Para santriwatinya secara bergiliran mengalami kesurupan.

Secara bergiliran, 13 orang santriwati tiba-tiba berteriak-teriak lalu terjatuh ke lantai kelas tempat mereka belajar. Belum diketahui penyebab serangan roh halus terhadap para santriwati itu.

Seperti yang terjadi, Jumat (14/11/2008). Jeritan dan teriakan seperti orang kesakitan mendadak mengejutkan aktivitas belajar di ponpes tersebut. Ulfa Hamidah (13) dan Zubaidah (14) berteriak-teriak seperti orang ketakutan dan seolah menahan rasa sakit yang luar biasa.

Jeritan dua santriwati kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Al Muniri kontan membuat suasana menjadi tegang. Sejumlah temannya langsung memberi pertolongan pertama dengan cara membopong ke ruang Unit Kesehatan Pondok.

Para santri yang menolong tampak sibuk dan panik. Ada yang memegang kedua kaki Zubaidah, ada pula yang memangku kepalanya. Seorang santri membawa mangkok berisi larutan minyak goreng, bercampur minyak tanah dan gerusan bawang merah.

Larutan tradisional itu, diyakini bisa menyembuhkan orang yang kesurupan. Tapi bukan hal yang mudah untuk menyuapkan ramuan tradisional itu. Perlu tiga santri untuk membuka mulut Zubaidah.

"Alhamdulillah. Akhirnya Zubaidah bisa meminum obat tradisional ini," kata Romlah, salah sorang santri yang ikut menolong Zubaidah.

Setelah meneguk larutan tradisional itu, Zubaidah perlahan pulih kesadarannya.

Pengasuh Pontren Al Muniri, Ustad Rosidi Munir, mengakui jika kesurupan memang sering menimpa santrinya. "Sejak sepekan ini, sudah 13 santriwati yang kesurupan," kata Ustad Munir.

Telah banyak cara untuk menangkal serangan kesurupan itu. Ustad Munir pernah menggelar ruwatan massal di pesantrennya. Tapi, serangan kesurupan masih saja terjadi. Beruntung, Ustad Munir mendapat resep larutan tradisional untuk menyembuhkan kesurupan.

"Larutan minyak oreng dicampur minyak tanah dan gerusan bawang merah cukup ampung untuk menyembuhkan kesurupan. Tentunya dengan dibarengi bacaan doa-doa tertentu," ungkap Ustad Munir.(Ardi Yanuar)

Sumber: detikSurabaya, Jumat, 14/11/2008

Label: , , ,