Suara Gamelan di Tengah Malam Kagetkan Warga

Warga Sumenep, Madura, yang tinggal tidak jauh dari Keraton Sumenep, dibuat penasaran dengan bunyi gamelan dari pendopo agung. Suara sayup gamelan itu selalu terdengar di atas pukul 00.00 WIB. Namun saat didekati, tidak ada aktivitas di dalam pendopo.

Lokasi pendopo agung itu sendiri berada di area keraton yang sekaligus menjadi museum serta kediaman Bupati Sumenep.

Yang menjadi keanehan, suara gamelan dari pendopo agung yang menjadi tempat pertemuan setiap pejabat maupun tamu penting itu selalu terdengar oleh warga setiap malam Jumat dan Selasa.

Dalam sejarah Keraton Sumenep, setiap ada tamu agung selalu disambut dengan gemelan dan tari-tarian khas keraton yakni Muang sangkal yang diperagakan oleh para dayang-dayang.

Bahris (30), seorang warga setempat, yang kesehariannya berjualan pulsa tak jauh dari Keraton Sumenep, mengaku jika bunyi gamelan yang terdengar di atas pukul 00.00 WIB itu dari arah pendopo keraton.

"Awalnya saya menduga ada acara dini hari di pendopo. Setelah didekati ternyata sepi. Tapi, suara gamelan itu tetap terdengar," kata Bahris, saat berbincang-bincag dengan detiksurabaya.com di tokonya, Jalan Dr Soetomo, Sumenep, Rabu (15/12/2010).

Bahris yang tokonya sekitar 50 meter ke pendopo kabupaten Sumenep itu tidak hanya
sekali mendengar bunyi gamelan di tengah malam. Melainkan hampir setiap malam Jumat dan Selasa.

"Kalau malam Jumat legi dapat dipastikan bunyi gamelan itu selalu terdengar," ungkapnya.

Hal lain yang kelihatan aneh tambah Bahris, yakni sesekali ada sinar memanjang yang datang dari semua arah dan jatuh di atas pendopo. "Sinar itu seperti meteor jatuh. Jaraknya sekitar 100 meter ke tanah," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sumenep, M Nasir, membenarkan jika sebagian orang sering mendengar bunyi gamelan di tengah malam dari arah pendopo agung. (Moh Hartono)

Sumber: detikSurabaya, Rabu, 15/12/2010

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda