Karapan Sapi Kini Sebulan Sekali

Bupati Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Fuad Amin Imron, mengatakan kunjungan wisatawan diharapkan akan meningkat di Madura dengan adanya gelar karapan sapi secara rutin setiap bulan di wilayah tersebut.

“Dulu karapan sapi hanya digelar setiap tahun sekali, namun ke depan ini akan kami gelar setiap bulan, sehingga kunjungan para wisatawan diharapkan akan terus meningkat,” kata Fuad Amin Imron, di Bangkalan, Senin (27/9/2010.

Bupati menjelaskan upaya yang akan dilakukan Pemkab Bangkalan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah setempat, sebagai upaya mendukung program Visit East Java 2010 yang dicanangkan Pemprov Jatim.

Menurut Fuad Amin, budaya karapan sapi merupakan ikon budaya masyarakat Madura yang sudah dikenal luas di berbagai negara di dunia. Hanya, sambungnya, kegiatan pelaksanaan karapan sapi selama ini jarang dilakukan, yakni hanya setahun sekali, sehingga para wisatawan yang tidak memiliki banyak kesempatan untuk melihat balapan sapi tersebut.

“Jika nantinya digelar setiap bulan maka kami yakin kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangkalan juga akan meningkat, khususnya para wisatawan asing,” ucapnya optimistis.

Tiap Akhir Bulan

Rencana kegiatan karapan sapi oleh Pemkab Bangkalan akan dilakukan setiap akhir bulan, kecuali pada bulan Oktober, karena pada bulan itu bersamaan dengan gelar lomba karangan sapi yang memperebutkan Piala Presiden. Ia juga berharap kegiatan rutin karapan sapi itu bisa mendongkrak pamor pariwisata di Kabupaten Bangkalan dan otomatis bisa mengangkat objek wisata yang lain.

“Kalau sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, bisa dipastikan Bangkalan akan lebih maju seperti daerah lain,” ucapnya seraya menjelaskan bahwa kegiatan karapan sapi yang akan digelar setiap bulan itu sudah mendapatkan persetujuan dari Pemprov Jatim.

Sumber: Surya, Senin, 27 September 2010

Label: ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda