Pantai Wisata Lombang Berantakan

Diterjang Gelombang Pasang

Gelombang laut yang sangat tinggi di Perairan Sumenep, selain menghancurkan sejumlah rumah penduduk di pesisir pantai juga menghancurkan hampir seluruh fasilitas wisata yang ada di Pantai Lombang di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang.

Fasilitas yang hancur akibat terjangan ombak besar itu meliputi sarana peristirahatan pengunjung, kamar mandi dan sejumlah cottage yang dibangun dengan dana APBD dari tahun 2005 hingga 2008. Total kerusakan itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Farid,37, petugas penjaga pantai menuturkan, awal mula badai laut yang merusak Pantai Lombang terjadi sejak tiga hari yang lalu. ”Ketinggian ombak mencapai empat meter disertai air laut pasang. Bunyi ombak menderu-deru membuat kami ketakutan,” ujarnya kepada Surya, Selasa (13/1).

Ombak besar itu menerjang semua fasilitas umum seperti tempat peristirahatan wisatawan hancur. Sejumlah cottage yang berjejer rapi di sepanjang pantai juga hancur karena pondasinya tergerus air laut hingga kedalaman satu meter. ”Kamar mandi dan tempat ganti baju bagi wisatawan juga retak diterjang ombak besar,” ungkapnya.

Kesaksian yang sama juga disampaikan Aswar,45, warga setempat, yang mengira gelombang pasang itu sebagai gelombang tsunami. ”Selain meluluhlantakan beberapa fasilitas wisatawan, ombak besar juga merusak panggung hiburan. Tembok permanennya rusak berat dan retak-retak,” ujarnya.

Sementara petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pantai Lombang, Asmoni Ready berharap pemerintah segera memperbaiki fasilitas pantai yang berserakan seperti sampah. Kondisi itu akan merusak suasana pantai serta mengurangi keunikan Pantai Lombang yang merupakan satu-satunya pantai dengan deretan pohon cemara udang sepanjang 12 km.

“Mungkin perlu pembangunan kembali fasilitas yang roboh dan rusak, dananya bisa dianggarkan dari dana tak terduga. Selian itu nanti teknik pembangunannya harus relatif aman dari terjangan ombak,” ujar Asmoni. (st2)

Sumber: Surya, Rabu, 14 Januari 2009

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda