Bagi Sembako, Baca Puisi, dan Teatrikal

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, mahasiswi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumenep membagi sembako dan bunga, serta membawa puisi dan menggelar aksi teatrikal, Selasa (22/12).

Sambil membawa spanduk berwarna merah bertulisan “Untukmu Pahlawanku, Ibu”, para aktivis PMII membagikan 50 bingkisan berisi beras dan mi instan pada para pengemis di Taman Adipura, Kota Sumenep, dan di depan Masjid Agung, Jl Trunojoyo. Aktivis PMII juga berorasi dan membaca puisi Hentikan Kekerasan pada Kaum Ibu, Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu, serta Hormati dan Sayangi Ibu.

Korlap aksi, Rina Askiawati, mengatakan, peringatan Hari Ibu dijadikan salah satu momentum kepekaan terhadap sesama. ”Kita tidak mungkin melupakan perjuangan para ibu. Kami tahu kaum ibu di Sumenep sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan. Itu terbukti dengan banyaknya perempuan menjadi pengemis di Sumenep,” terang Rina, ketika berorasi di depan Taman Adipura.

Sedangkan aktivis Korps HMI Wanita (Kohati) membagi bunga dan selebaran bertulisan “Selamat Hari Ibu”.kepada pengguna jalan di sepanjang Jl Trunojoyo dan kepada anggota DPRD Sumenep, di antaranya Badrul Aini dan A. Mawardi Djazuli. Korlap aksi, Nurul Qomariyah, mengatakan, pemberian bunga merupakan simbol lemah-lembut seorang ibu.

”Kita ingin menyampaikan pesan melalui bunga ini, agar tidak melakukan diskriminasi terhadap ibu yang telah memperjuangkan kita semua,” katanya.

Sementara itu, HMI Bangkalan menggelar aksi teaterikal di perempatan sebelah utara alun-alun, selain juga membagi bunga pada penggunan jalan. Korlap aksi Bety Wirandhani dalam orasinya mengimbau masyarakat agar menghargai peran penting kaum ibu. Ia juga mengharapkan pemerintah memperhatikan kaum ibu. “Misalnya memberikan solusi dalam mengatasi persoalan kesehatan kaum ibu. Terutama pada kesehatan reproduksi perempuan agar menjadi lebih baik,” katanya. (iir/kas)

Sumber: Surabaya Post, Rabu, 23 Desember 2009

Label: , , , , ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda