Tempat Wisata Mendadak Ramai

Lebaran Ketupat atau Tellassân Topa’ benar-benar dimanfaatkan warga untuk tamasya. Sejumlah objek wisata di Madura yang selama ini sepi, kemarin mendadak ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar Madura.
Di Kabupaten Sumenep misalnya, Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang tetap menjadi lokasi yang banyak dikunjungi oleh warga Sumenep maupun luar Sumenep. Sejak pagi sampai pukul 14.20 diperkirakan jumlah pengunjung yang masuk pada kisaran 7 ribu orang. "Kalau kira-kira 7 ribu itu. Kita belum menghitung angka pastinya," ujar pengelola Pesta Ketupat di Pantai Lombang, H Masdawi.
Untuk menghindari kesemrawutan, pengelola sudah menempatkan sejumlah petugas karcis pada radius 500 meter sebelum pintu masuk pantai. Tujuannya, pengunjung tidak bertumpuk di pintu masuk. "Kita sengaja membuka loket selain di pintu masuk supaya tidak terjadi kemacetan. Sebab, sejak awal kita sudah prediksi hari ini (kemarin, Red) menjadi puncak kunjungan ke Lombang," terang Masdawi.
Petugas juga all out mengamankan Lebaran Ketupat di Pantai Lombang dan Slopeng Dasuk. Pantai Lombang yang memang diprediksi lebih ramai dijaga sedikitnya 170 petugas gabungan dipimpin Kompol Ary Wahjudi. Sedang di Slopeng di Kecamatan Dasuk yang juga ramai dikunjungi disiagakan 70 personel dipimpin Kompol Abd Jamil.
Pantai Camplong, Kecamatan Camplong, Sampang, juga dipadati pengungjung. Diperkirakan mereka yang berwisata di pantai pesisir selatan ini mencapai angka 30 ribu lebih.
"Berdasarkan data sementara, jumlah pengunjung yang datang dan memilih liburan di Pantai Wisata Camplong dalam perayaan lebaran ketupat tahun ini mencapai 30
ribu lebih," ujar Kabag Ops Polres Pamekasan Kompol H Danuri SH yang kemarin mendampingi Kapolres AKBP H Mujiyono SH.
Sedangkan di Kabupaten Bangkalan, beberapa tempat wisata juga ramai. Seperti Mercusuar di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah; Pantai Rongkang di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar; Lomba di Pantai Kamal; dokar hias di Desa Jaddih, Kecamatan Socah; dan Pantai Siring Kemuning Kecamatan Tanjung Bumi, serta Pesarean Aer Mata di Arosbaya.
Di objek wisata mercusuar, sejak pagi warga mulai berjejal masuk ke area yang merupakan bangunan peninggalan Belanda tersebut. Ketika matahari beranjak naik, warga terus memadati lokasi yang berada di tepi pantai Sembilangan. Kebanyakan pengunjung memilih naik ke lantai tertinggi mercusuar, untuk melihat pemandangan di sekitar lokasi. Namun ada juga yang sekadar duduk-duduk melihat laut.
Di Pantai Kamal, tradisi lomba juga diminati. Perahu dihiasi berbagai bendera warna warni. Tradisi ini menjadi agenda tetap yang disukai warga setempat. Malah ada juga warga dari Surabaya memanfaatkan wisata tahunan ini untuk menikmati naik perahu keliling Pantai Kamal.
Sedangkan di Kwanyar, warga setempat memanfaatkan Lebaran Ketupat untuk berwisata di Pantai Rongkang. Sebagian lagi naik dokar menyusuri jalan sepanjang pantai. Kondisi ini membuat arus jalan lintas Selatan Kwanyar macet.
Di Kabupaten Pamekasan juga begitu. Objek wisata pantai ramai dikunjungi. Seperti Pantai Talang Siring di Kecamatan Larangan dan Patai Jumiang di Kecamatan Pademawu. (yat/fiq/tra/abe)

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 21 Okt 2007

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda