Klampis Timur Gelar Rokat Tase'

Warga pesisir pantai Klampis Timur, Kecamatan Klampis, Bangkalan punya gawe. Selama dua hari terakhir di desa nelayan ini digelar ritual tradisional berupa rokat tase’. Acara dimaksud dikemas meriah dengan aneka rangkaian kegiatan.

Informasi yang dirangkum wartawan Koran ini, pembuka rokat tase’ yang merupakan ritual tahunan di desa setempat dibuka saronenan. Tak tanggung-tanggung, kelompok saronen dari Sumenep pun didatangkan. Selama sehari penuh (Selasa, 13/11), masyarakat desa setempat, termasuk sejumlah warga desa tetangga lainnya, bermusik-ria dalam kegembiraan.

Rangkaian berikutnya merupakan ritual rokat tase’ berupa larung sesaji ke tengah laut, kemarin siang. Dalam acara ini, warga setempat membuat tumpeng jumbo berikut 56 tumpeng kecil sumbangan warga sekitar. Tak ketinggal sesajen utama berupa kepala sapi. Seluruh sesembahan ini sebelumnya dikirap keliling kampung. Tak heran, iring-iringan mengular menuju pesisir pantai setempat. Selain warga sekitar dan aparat desa, turut mengikuti acara adalah Muspika Klampis. Salah satunya adalah Camat Klampis Bambang Setiawan MM.

Setibanya di lokasi, warga langsung memulai ritual dengan dipimpin pemuka desa setempat. Dan puncaknya, tumpeng jumbo akhirnya dilarung ke tengah laut. Sedang sesajen kepala sapi diletakkan di pagak yang merupakan tetenger muara sungai setempat.

Ketua Panitia Syaifu Rizal bersama sekretarisnya Mukaffi Jakfar menegaskan, seluruh rangkaian ritual rokat tase’ dimaksud sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta. "Terkait masih digelarnya sejumlah ritual tersebut, ini tak lepas dari kepercayaan warga yang masih kental," ujar keduanya.

Ditegaskan, tergelarnya acara tersebut tak lepas dari peran serta masyarakat sekitar. Utamanya kalangan muda yang tergabung dalam Karang Taruna Generasi Biru yang diketuai Mukmin. "Pun juga sumbangsih para pembina. Masing-masing Mahrus, Bapak Hanif, H Humayis, dan H Fais. Terutama pula berkat binaan dari Drs Mustahal rasyid MPd," tambah Syaifu Rizal.

Yang menarik, pemuncak acara dari rangkaian kegiatan rokat tase’ ini bakal ditutup dengan pengajian akbar. Tak tanggung-tanggung, panitia sudah menerima kepastian dari kedatangan Bupati Bangkalan RKH Fuad Amin, KH Kholis As’ad dari Probolinggo, serta RKH Abdullah Schaal. "Pengajian ini bakal dilangsungkan besok siang (siang ini, Red.) tepat pukul 13.30," pungkasnya. (ed)

Sumber: Jawa Pos, Kamis, 15 Nov 2007

Label: , ,

1 Komentar:

Pada 13 Juli 2016 09.15 , Blogger xjd7410@gmail.com mengatakan...

kd 8 shoes
cheap nfl jerseys
toms wedges
rolex watches
kate spade handbags
nike blazers uk
lebron 11
coach outlet
louis vuitton outlet
replica watches
coach outlet
copy watches
jordans for sale
adidas shoes
burberry bags
kate spade
coach outlet store online
discount jordans
ralph lauren outlet
cheap basketball shoes
longchamp outlet
coach outlet online
ray ban sunglasses uk
christian louboutin shoes
jordan retro 8
toms outlet
louis vuitton purses
toms wedges
pandora outlet
ray ban sunglasses
chenyingying2016713

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda