Disbudpar Jatim Gelar Festival Madura di Sumenep

From the album by Syafroedin Boediman
Festival Budaya Madura 2009

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Komunitas Seni "Plat M" menggelar Festival Madura 2009 di Kabupaten Sumenep, Madura, 21-22 Oktober 2009.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Madura 2009 Syafrudin Budiman, di Seumenep, Selasa, menjelaskan, kegiatan itu merupakan upaya mengembangkan dan melestarikan kesenian dan budaya Madura.

"Dalam Festival Madura 2009, kami akan menampilkan sejumlah kesenian lokal yang merupakan warisan budaya yang harus dijaga," katanya.

Ia mengatakan, Festival Madura terbagi dalam tiga kegiatan, yakni pertunjukan kesenian khas, sarasehan, dan karnaval budaya.

"Dalam pertunjukan kesenian khas Madura, kami akan menggelar pementasan topeng dalang dan musik ‘saronen‘ di atas panggung di depan Kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Sumenep," katanya menambahkan.

Selain di atas panggung, peserta Festival Madura akan tampil di sejumlah pusat keramaian di Sumenep, di antaranya terminal dan pasar.

"Ini sengaja dilakukan untuk memberikan kesempatan pada warga menikmati karya seni Madura, tanpa harus datang ke pusat lokasi kegiatan," kata Syafrudin.

Sementara untuk sarasehan akan menghadirkan empat pembicara, yakni Rektor Universitas Wiraraja Sumenep Dr Ida Ekawati, Ahmad Fauzi (Dewan Kesenian Jawa Timur), Fadail Rahman dan Eko Wahyuni (pengamat budaya).

"Sebagai pamungkas acara, kami akan menggelar karnaval budaya. Nantinya, pelaku seni yang tampil di Festival Madura akan jalan kaki dari Taman Bunga ke "Labang Mesem" di kawasan Pendapa Agung," kata Syafrudin mengungkapkan.

Sumber: http://oase.kompas.com

Label: , ,