Muntaber Meledak di Pulau Sapeken

18 Meninggal 13 Kritis

Wabah penyakit muntah disertai berak (muntaber) yang menyerang warga Pulau Saur dan Pulau Pagerungan Besar di wilayah Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, terus menyebar.

Dalam 20 hari terakhir, jumlah penderita yang meninggal hingga tadi malam sebanyak 18 orang, sedangkan yang dalam kondisi kritis dan sedang menjalani perawatan di Puskesmas Sapeken mencapai sedikitnya 13 orang.

Menurut, Moh Sunar, salah seorang tokoh masyarakat Pulau Sapeken, jumlah penderita yang kebanyakan anak-anak dan balita dikhawatirkan akan terus meningkat. Termasuk yang akhirnya meninggal dunia.

”Sampai tadi malam, dalam catatan kami, yang meninggal sudah mencapai 18 orang, sedangkan yang masih dirawat 13 orang,” ujar Sunar kepada Surya, Kamis (21/5).

Perkembangan penyakit itu sangat singkat. Dalam semalam saja, penderitanya terus bertambah. Yang menjadi persoalan saat ini, lanjut Sunar, daya tampung Puskesmas tak sebanding dengan jumlah pasien. Sebab, selain penderita muntaber, penderita penyakit lain juga banyak yang butuh opname. Karena itu, banyak penderita muntaber yang terpaksa diinfus atau menjalani perawatan di rumah bersalin atau di pondok bersalin desa (polindes) di bawah pengawasan bidan desa.

”Bahkan, karena puskesmas tidak muat, ada pasien yang dititipkan ke sebuah ruang di Pondok Pesantren Al-Ikhsan, Pulau Saur, Kecamatan Sapeken,” lanjutnya.

Penderita muntaber yang masih dirawat di Puskesmas Sapeken dan kondisinya semakin parah yakni Anni Fatirah, 15, Adit, 8, Habib, 6, Aminah, 4, Nurul, 4, Zabihullah, 4, dan Roby, 3. Semuanya warga Pulau Saur, Kecamatan Sapeken.

Sedangkan penderita muntaber yang baru masuk Puskesmas adalah Aminah, 4, Agil, 5, Radi, 5, Didit, 6, Wahidah, 19, dan Iqbal, 9. Mereka warga Pulau Saur dan Pagerungan Besar.

Badrul Aini S.Sos. tokoh masyarakat Sapeken yang mantan anggota DPRD Sumenep, juga mengakui mewabahnya muntaber di Pulau Saur dan Pagerungan Besar. Padahal, di kedua pulau yang masuk wilayah Kecamatan Sapeken itu, jumlah tenaga medis dan peralatannya sangat minim. ”Akibatnya, sejak mewabahnya penyakit muntaber itu, banyak pasien tak tertolong dan akhirnya meninggal dunia,” ujar Badrul.

"Kami memohon perhatian pihak dinas kesehatan, karena kalau keadaan ini terus berlanjut, pasti korban meninggal akan terus berjatuhan," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sumenep, Dr Susianto mengaku telah menerjukan tambahan tenaga medis ke sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep yang ditengara mengalami endemik muntaber.

”Hasil analisis kami, penyakit itu menyebar cepat di sana karena masyarakat setempat masih mengkonsumsi air minum tanpa direbus,” kata Susianto.

Kecamatan Sepeken mempunyai luas total wilayah 201,88 km2 (9,64 % dari luas Kabupaten Sumenep). Jumlah desa di Kecamatan Sepeken sebanyak 9 desa yang tersebar di 21 pulau. Kecamatan Sepeken berbatasan dengan Laut Kalimantan di sisi utara, sebelah selatan dibatasi Laut Bali, sebelah timur dibatasi oleh Laut Sulawesi, sebelah barat dibatasi oleh Laut Jawa. Jumlah penduduk Kecamatan Sepeken secara keseluruhan 37.765 jiwa. (st2)

Sumber: Surya, Jumat, 22 Mei 2009

Label: ,

2 Komentar:

Pada 7 Maret 2016 pukul 14.32 , Blogger Unknown mengatakan...

ninest123 16.03
uggs outlet, ralph lauren polo, louis vuitton outlet online, oakley sunglasses, oakley sunglasses, uggs on sale, uggs on sale, louis vuitton, nike outlet, prada outlet, gucci handbags, burberry outlet, replica watches, replica watches, prada handbags, christian louboutin, ray ban sunglasses, michael kors handbags, louboutin shoes, tiffany jewelry, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, michael kors outlet, nike air max, tiffany jewelry, burberry factory outlet, louis vuitton handbags, longchamp outlet, ray ban sunglasses, nike air max, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, michael kors outlet online, oakley sunglasses, ralph lauren outlet, louis vuitton outlet, nike free, michael kors outlet online, uggs outlet, michael kors, uggs on sale, louboutin uk, longchamp outlet, cheap jordans, christian louboutin, tory burch outlet, cheap oakley sunglasses, longchamp bags

 
Pada 7 Maret 2016 pukul 14.42 , Blogger Unknown mengatakan...

swarovski uk, hollister, canada goose jackets, canada goose outlet, toms shoes, louis vuitton, moncler, louis vuitton, juicy couture outlet, moncler outlet, moncler jackets, pandora uk, bottes ugg pas cher, moncler pas cher, montre pas cher, ugg,uggs,uggs canada, replica watches, swarovski jewelry, converse shoes outlet, thomas sabo uk, links of london uk, supra shoes, ugg pas cher, canada goose, barbour jackets uk, pandora jewelry, lancel, barbour, canada goose outlet, canada goose, pandora jewelry, moncler, ugg uk, coach outlet, moncler, louis vuitton uk, pandora charms, moncler, juicy couture outlet, canada goose uk, ray ban, canada goose jackets, marc jacobs, moncler uk, sac louis vuitton, sac louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, wedding dresses uk, canada goose pas cher, karen millen uk, gucci
ninest123 16.03

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda