Terjebak dengan Sastra Pizza

Sebagian besar kaum muda mulai kecanduan dengan sastra pizza. Buktinya, karya sastra pemula terinspirasi borjuasi kota yang sarat dengan simbol metropolis. Akibatnya, aura daerah hilang karena kaum muda melakukan migrasi ide dan inspirasi.

Ketua Komite Sastra, Mashuri mengatakan, hal tersebut dalam seminar bertajuk Sastra dan Dialektik di auditorium STKIP kemarin. Pria yang pernah bermukim di Malang ini mengatakan, kaum muda beranjak dari nasionalisme-geografis.

Akibatnya, karya sastra kaum muda terasing di tengah masyarakatnya. Alasannya, masyarakat desa di sekitarnya tidak kenal dengan simbol-simbol pizza, fried chicken, dan sampayo.

Dia meminta kaum muda menggali potensi idenya dari lingkungan di sekitarnya. Mashuri menilai penyair Zawawi Imron menasional bukan karena mengibarkan sastra pizza. Melainkan, Zawawi memopulerkan sesuatu yang indah di Madura seperti clurit, mayang, gelombang, dan airmata. "Tak ada pizza dalam puisi Zawawi kan?" katanya dalam seminar yang dihelat Sanggar Lentera ini.

Menurutnya, tradisi sastra merupakan kebiasaan pembacaan yang ditulis atau dibacakan. Dalam sejarah sastra dunia, dia menilai karya besar merupakan hasil pembacaan yang cerdas pada teks.

Mahasiswa sastra S2 IAIN Sunan Ampel ini mencontohkan realitas, gagasan, dan inovasi sebagai aplikasi dari hasil pembacaan. Tak heran, katanya, pembaca yang cerdas seringkali menghasilkan karya yang bernas dan bernilai sastra tinggi.

Nara sumber lainnya Nurhadi Moekri menilai profesionalitas pembaca karya sastra terkait dengan kepentingan profesinya. Pria yang malang - melintang di dunia pendidikan ini menyontohkan guru sastra lebih dominan mengonsumsi karya sastra.

Sedangkan guru bidang studi lain belum tentu senang dengan karya sastra. Akibatnya, sastra seolah - olah memiliki komunitas tersendiri. Padahal, dia menganggap sastra bisa dinikmati siapa saja dengan latar profesi apapun.

Dalam seminar sastra yang dipandu Chiko ini, Nurhadi mengamati pembaca sastra tak harus paham seperti persepsi pengarangnya. Sebab, ketua STKIP ini menganggap sastra bebas dari maksud siapa pun. Sebab, teks dan kata-kata sendiri yang memberinya arti pada karya sastra.

Pria berkacamata minus ini memahami karya sastra terdiri atas tesa, sintesa, dan antitesa. "Substansi dari karya sastra itu indah, tinggal dari mana memotretnya," urainya di hadapan ratusan peserta yang sebagian besar perempuan.(abe/zr/rd)

Sumber: Jawa Pos, Selasa, 19 Mei 2009

Label: , , , , , ,

3 Komentar:

Pada 7 Maret 2016 pukul 14.32 , Blogger Unknown mengatakan...

ninest123 16.03
uggs outlet, ralph lauren polo, louis vuitton outlet online, oakley sunglasses, oakley sunglasses, uggs on sale, uggs on sale, louis vuitton, nike outlet, prada outlet, gucci handbags, burberry outlet, replica watches, replica watches, prada handbags, christian louboutin, ray ban sunglasses, michael kors handbags, louboutin shoes, tiffany jewelry, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, michael kors outlet, nike air max, tiffany jewelry, burberry factory outlet, louis vuitton handbags, longchamp outlet, ray ban sunglasses, nike air max, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, michael kors outlet online, oakley sunglasses, ralph lauren outlet, louis vuitton outlet, nike free, michael kors outlet online, uggs outlet, michael kors, uggs on sale, louboutin uk, longchamp outlet, cheap jordans, christian louboutin, tory burch outlet, cheap oakley sunglasses, longchamp bags

 
Pada 7 Maret 2016 pukul 14.42 , Blogger Unknown mengatakan...

swarovski uk, hollister, canada goose jackets, canada goose outlet, toms shoes, louis vuitton, moncler, louis vuitton, juicy couture outlet, moncler outlet, moncler jackets, pandora uk, bottes ugg pas cher, moncler pas cher, montre pas cher, ugg,uggs,uggs canada, replica watches, swarovski jewelry, converse shoes outlet, thomas sabo uk, links of london uk, supra shoes, ugg pas cher, canada goose, barbour jackets uk, pandora jewelry, lancel, barbour, canada goose outlet, canada goose, pandora jewelry, moncler, ugg uk, coach outlet, moncler, louis vuitton uk, pandora charms, moncler, juicy couture outlet, canada goose uk, ray ban, canada goose jackets, marc jacobs, moncler uk, sac louis vuitton, sac louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, wedding dresses uk, canada goose pas cher, karen millen uk, gucci
ninest123 16.03

 
Pada 7 Juni 2021 pukul 04.34 , Blogger deraz mengatakan...

الروضة
شركات صيانة المباني فى الشارقة
تركيب سيراميك في الشارقة

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda