Tanjungbumi Dengan 'Batik Gentong' yang Eksotik

Beberapa Motif batik Madura (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)

Pagi itu memang hari sangat terik di Surabaya. Dan jembatan Suramadu telah dipadati oleh penyeberang. Hari ini saya akan melanjutkan perjalanan saya untuk menyusuri jejak batik Jawa Timur ke pulau garam Madura. Tepatnya di kota Bangkalan.

Lebih dahulu saya ingin mengunjungi seorang pengusaha batik yang telah merintis usahanya dari generasi ke generasi, Siti Maimona di kota Bangkalan - Madura. Tepatnya 10 kilometer dari jalan baru tol Suramadu. Bu Mai (begitu sapaan akrabnya) juga seorang kolektor dari batik-batik yang sudah berusia ratusan tahun.

Sayang saat saya berkunjung, bu Mai sedang keluar kota. Tapi ada beberapa orang keluarga yang juga asistennya mau menggantikan. Abdulrahman, menemui kami untuk menjelaskan tentang batik Madura.

Mulai 1998 Siti Maimona mulai serius mengolah batik. Pada awal usahanya Bu Mai hanya dibantu keluarganya namun kemudian dapat mempekerjakan masyarakat sekitarnya terutama perempuan.

Beberapa Motif batik Madura (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)

Menggunakan motif klasik, moderen, atau kombinasi. Hal itu berdasarkan pesanan atau ketertarikan pembeli pada motif yang ada. Kebanyakan dari kreatifas dari Bu Mai sendiri. Atau memberikan kesempatan pada perajinnya untuk membuat pola, lalu direngreng (menggambar pada kain batik).

Saat ini dapat menghasilkan 300 – 400 lembar kain per bulan, dengan kualitas rendah (warna sintetis, penggambaran kasar dan canting ukuran besar) oleh 80 orang perajin binaannya. Sedang untuk batik yang halus karena pengerjaan lebih lama maka dihasilkan lebih sedikit berkisar puluhan lembar. Apalagi jika merupakan batik gentongan (untuk warna biru). Selain perendaman yang membutuhkan waktu, juga dibutuhkan keahlian dalam meramu warna alami untuk menghasilkan warna-warna tertentu.

Jika pola yang ada cocok untuk pengerjaan secara eksklusif maka batik tersebut akan dikerjakan dengan pewarnaan sistem gentong, yang kemudian dikenal dengan batik gentong. Yang menjadikan batik olahan gentong ekslusif adalah waktu celup di gentong yang sangat lama dan bahan pewarna alami.

Proses pembuatan kain batik. Kain sebelum di rengreng lebih dahulu dilakukan proses lecak, yaitu kain direndam dengan sejenis biji-bijian nyamplong dicampur air abu, berfungsi agar kain hilang dari minyak dan bahan pengembang kain (kain bisa mengerut). Juga mengharumkan, menghaluskan dan membuat hasil pewarnaan lebih baik. Hal ini akan membuat proses selanjutnya lebih baik dan mudah. Proses ini membutuhkan waktu tiga minggu sampai satu bulan.

Beberapa motif yang sering diproduksi antara lain, carcena (ada pengaruh Tionghoa), sikmalaya, napaser, sarpoteh, sabe, truci, panjikereng, panji tongkol, panjisuci dan banyak lagi motif klasik lainnya.

Untuk batik-batik halus dan gentongan konsumen yang terbanyak masih dari Jakarta. Karena harganya yang masih cukup tinggi. Sedang konsumen luar negeri masih relatif kecil.

Koleksi batik kuno

Selain itu Bu Mai pemilik Pesona Batik Madura juga mengoleksi batik-batik yang berusia ratusan tahun. Batik yang dirawatnya dengan baik ini merupakan saksi sejarah keindahan dan kekayaan motif batik Madura.
Beberapa koleksi yang usianya 200 tahun antara lain mano’ juduh tarpotè kellèngan, tarpotè bangan, burubur”, rawan mèra”, tana pasèr mèra.

Koleksi batik kuno (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)


Gentongan Tanjungbumi

Setelah itu kami melaju kearah kecamatan Tanjungbumi berjarak 50 kilometer ke utara dari kota Bangkalan. Tepatnya didaerah Peseseh, daerah pesisir pantai dan memiliki pelabuhan tempo dulu. Menemui pengusaha batik yang telah dirintis empat generasi, Zulfa batik. Wuri dan Alim suaminya, meneruskan usaha batik dari ibunda Wuri, Bu Hajjah Zulfa. Sebagai keluarga pembatik, Wuri ingin juga melestarikan budaya batik Tanjungbumi yang terkenal itu.

Wuri pewaris batik Zulfa dengan batik gentongan koleksinya(oscar)

Tanjungbumi daerah pesisir pantai, memiliki riwayat tersendiri dengan batiknya. Dahulu batik menjadi pekerjaan perempuan di daerah itu untuk mengisi waktu luang menunggu suami mereka yang bekerja sebagai pelaut pergi ke daerah yang jauh, seperti ke pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Bagi perempuan Tanjungbumi, menunggu kedatangan suami merupakan saat-saat paling panjang dan menegangkan. Mereka selalu gelisah apakah suaminya bisa pulang kembali dengan selamat dan bisa membawa uang untuk biaya rumah tangga. Untuk mengurangi rasa gelisah tersebut, akhirnya mereka mulai belajar membatik. Namun, hingga kini belum ada yang dapat memastikan kapan para istri itu mulai membatik.

Selain itu masyarakat disana juga memiliki budaya, batik digunakan untuk simpanan. Yang diperlakukan sebagai emas atau tabungan. Atau disimpan untuk diserahkan kepada anak dan cucu, sebagai tanda kasih dan cinta ibu. Batik menjadi salah satu sumber kekayaan dan kebanggaan mereka. Tak heran mereka melakukannya dengan sepenuh hati.

Nilai ini semakin bergeser karena zaman, membatik bukan lagi sebagai tanda kasih dan cinta ibu, namun semata-mata untuk mencari uang. Nilai komersial ini menjadi salah satu sebab mengapa hasil penggarapan batik tidak lagi sebagus yang dahulu?

Kegiatan yang dilakukan untuk membunuh waktu itu sekarang menjadi industri rakyat yang cukup besar. Tanjungbumi menjadi kecamatan terbesar di Madura yang memproduksi batik. Popularitas mulai dikenal penggemar batik Tanah Air.

Sekarang di Tanjungbumi ada 530 unit usaha batik dengan 1.000-an perajin. Jumlah tersebut belum termasuk para perajin yang mengerjakan secara perorangan yang sifatnya hanya sekadar kerajinan tangan saja. Unit-unit perbatikan itu tersebar di Desa Macajah, Desa Telaga Biru, Desa Paseseh dan Desa Bume Anyar.

Pada zaman dahulu, membatik menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan untuk batik gentongan bisa mencapai satu tahun proses hanya untuk sepotong batik. Hal ini karena motif yang sangat rumit dan detil. Luar biasa. Benar-benar sebuah mahakarya.

Tak salah jika sepotong batik gentongan Tanjungbumi ini berharga antara 2,5 juta hingga 5 juta rupiah bahkan lebih. Lebih mahal daripada emas. Bahkan untuk batik sutra, karena batik gentongan atau tulis yang halus, gambar motifnya bolak-balik/dua sisi, sedangkan pada sutra hanya satu sisi saja.

Batik gentongan merupakan batik khas Tanjungbumi, bercirikan warna yang berani (colour full) dan pengerjaan yang halus. Motif-motifnya beragam, namun tidak dapat diketahui secara pasti apakah yang menjadi motif klasik batik gentongan. Seperti yang kebanyakan, motif kembang randu, burung hong, sik melaya, ola-ola dan banyak lagi.

Motif-motif klasik Tanjungbumi sikmalaya, ola-ola, (Oscar)

Bagaimanakah membedakan batik gentongan (memiliki warna biru dengan pewarna alami) dan batik biasa yang memiliki warna biru dongker dari bahan kimia? Ternyata menurut Wuri, sangat sulit membedakannya, kecuali pembatiknya sendiri. Ini tergantung dari kejujuran penjual batik kepada pembeli. Namun jika beruntung, batik gentongan ada yang masih memiliki aroma rempah-rempah karena perendaman.

Meski kekuatan warna gentongan dan batik halus pewarna sintesis sama, namun batik gentongan makin lama warnanya makin cemerlang meski kainnya telah rapuh.

Wuri kemudian menunjukkan batik gentongan miliknya yang sangat indah, bermotif til cantil. Batik dengan motif tersebut digunakan untuk kain gendongan anak bangsawan pada zaman lampau. Dan telah dihargai 5 juta rupiah namun Wuri belum ingin melepasnya. Menurutnya, batik tersebut langka karena pengerjaan yang halus dan motifnya sangat indah.

“Batik gentongan kami memang mahal, tapi kami menjual kualitas. Seperti batik ini sangat halus dan sudah ditawar 5 juta rupiah tapi saya belum ingin melepasnya. Karena motifnya indah dan pengerjaannya halus.”

Biasanya pembeli langsung membeli jika ada batik dengan motif bagus, karena untuk memesan jarang bisa mendapatkan motif yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Proses Pembatikan

Perlakuan pertama dari proses batik Jawa Timur sedikit berbeda, yaitu adanya proses perendaman kain mori menggunakan minyak nyamplong dan abu sisa pembakaran kayu dari tungku. Setelah itu baru kain di beri gambar motif (direngreng) pada kedua sisinya. Lalu diberi malam. Dan proses pewarnaan. Proses ini merupakan proses paling penting karena pada batik Jawa Timuran memiliki banyak warna. Warna yang dihasilkan adalah ukuran berhasil tidaknya proses pembatikan yang dilakukan.

Gentong yang digunakan untuk merendam kain batik. Usia gentong tersebut sudah seratus tahun, yang dimiliki turun temurun. Batik yang sedang diangin-anginkan (tengah). Batik gentong yang jadi (oscar)

Seperti pada batik gentongan, lamanya perendaman batik dalam gentong juga menentukan warna biru yang dikehendaki. Atau pewarnaan dengan warna lain yang direndam dengan warna tertentu lalu disikat hingga berulang-ulang agar didapat warna yang dikehendaki.

Setelah didapatkan warna yang dikehendaki maka dilakukan proses lorotan yaitu melorotkan atau meluruhkan lilin atau malam dengan air mendidih. Baru kemudian dijemur dipanas matahari.

Mitos Gentongan

Dalam pemrosesan batik gentongan, dihentikan jika ada tetangga yang meninggal hingga tujuh harinya. Semasa penyimpanan dalam gentong, setiap hari dilakukan proses pengangkatan dan kain diangin-anginkan. Jika ada yang meninggal proses ini dihentikan. Jika dipaksakan maka menghasilkan warna yang pudar.

Menurut Abdulrahman, masyarakat perajin batik gentongan masih meletakkan sajen setiap tujuh bulan sekali. Dengan harapan agar batik gentongan hasilnya sesuai yang diinginkan.

Mengapa hanya di Tanjungbumi?

Batik gentong hanya ada di Tanjungbumi - Madura, belum ditemukan dibuat di daerah lain. Ini dikarenakan air yang ada di pulau Madura. Air yang berkadar kapur tinggi sangat menguntungkan untuk proses pewarnaan. Warna menjadi lebih cemerlang. Sedangkan didaerah lain warnaya tidak dapat sebagus di Tanjungbumi.

Bahan alami kulit pohon jambal untuk warna kuning (amelia)

Khusus batik gentongan memakai pewarna alami atau soga alam. Warna merah bisa diambil dari kulit mengkudu, warna hijau dari kulit mundu dicampur tawas, biru dari daun tarum. Kepekaan warna dicapai dari lamanya waktu merendam. Pewarna alam lainnya yang kerap dipakai, baik untuk gentongan maupun jenis batik lainnya antara lain kulit buah jelawe, kayu jambal, dan lainnya.

Kebanyakan batik Madura memilih warna terang, merah, kuning, hijau. Namun, batik gentongan memiliki warna yang beragam. Motif tarpoteh (latar belakang poteh/putih) misalnya, mencitrakan warna yang elegan, seperti hitam dan coklat pada motif-motifnya

Masa depan

Tanjungbumi sebagai sentral dari batik Madura, telah memiliki trademark tersendiri untuk batik Jawa Timur, mengharapkan pada waktu dekat akan memiliki kelompok perajin batik Tanjungbumi sendiri untuk mengembangkan produksi mereka.

Perajin mendapat kesempatan lebih untuk memperkenalkan lebih luas batik Madura khas Tanjungbumi. Keunikan dan karakter tersendiri dari batik gentongan.

Perajin batik masih didominasi oleh kaum perempuan, jika pemasaran batik lebih meluas maka produksinya meningkat. Tentu hal ini akan lebih memberdayakan perajin dan meningkatakan taraf hidup mereka yang konon Tanjungbumi banyak perempuannya berstatus janda.

Menurut Alim untuk meningkatkan taraf hidup perajin dan batik khususnya Tanjungbumi adalah dengan menjual batik dengan harga yang tinggi dan memberikan upah pada perajin dengan tinggi. Hal ini juga dapat tetap melestarikan batik Tanjungbumi yang mulai banyak ditinggalkan karena banyaknya pekerjaan lain yang lebih menjanjikan. (ET_Sby/Amelia/Oscar)

Sumber: Epochtimes, Jumat, 10 Juli 2009

Label: , , , ,

23 Komentar:

Pada 8 Januari 2010 14.49 , Anonymous denny mengatakan...

dear mbak/mas admin,

aku ijin copas ya artikelnya, bolehkah?

Regards,
Denny

 
Pada 16 Februari 2010 23.31 , Anonymous Anonim mengatakan...

selamat mbak tetap eksis dan lebih meluas kita cinta budaya indonesia.

 
Pada 16 Februari 2010 23.39 , Anonymous Anonim mengatakan...

mbak maju terus ya sampai kemancanegara , saya sering melihat mbak di tv metro, dan pameran dijakarta saya salut dan sangat bangga sekali.

 
Pada 22 Februari 2010 10.55 , Anonymous Anonim mengatakan...

Tentang keadaan Di tanjung bumi yang terkenal dengan batik tulisnya,saya cuma mau menambahkan bahwa pusatnya batik tulis yang paling bagus adalah di desa tajung,kec tanjung bumi itu sendiri bukan di macajah atau di paseseh.atau lebih lengkap lagi anda hub no ini 081230222320. terimakasih.kurang lebihnya saya minta maaf.

 
Pada 22 Februari 2010 11.32 , Blogger Alfiani jamilah mengatakan...

ada 22 Februari 2010 10:55 , Anonymous Anonim mengatakan...

Tentang keadaan Di tanjung bumi yang terkenal dengan batik tulisnya,saya cuma mau menambahkan bahwa pusatnya batik tulis yang paling bagus adalah di desa tajung,kec tanjung bumi itu sendiri bukan di macajah atau di paseseh.atau lebih lengkap lagi tentang batik tulis tanjung bumi anda hub no ini 081230222320. terimakasih.kurang lebihnya saya minta maaf.

 
Pada 12 April 2010 00.01 , Anonymous Anonim mengatakan...

Mohon maaf, pusat tempat batik yang paling bgus dan halus d Paseseh, memang d Tajung banyak pengrajin batik tapi batik biasa (alias batik tor-cettor), bisa di buktikan sendiri. Terima kasih

 
Pada 17 Mei 2010 13.07 , Anonymous dina mengatakan...

maaf, aq ijin mengkopy artikelnya boleh g'?




dina
sampang-madura

 
Pada 2 Juli 2010 01.37 , Anonymous Anonim mengatakan...

batik emang bagus kwalitasnya apalagi yang namanya Norhafy paling bagus setanjung bumi.kalau mesan batik pergi aja ke macajah alamat depan S.M.A....T.BUMI kutunggu ...ya....ya...ya...okeeeeee...?

 
Pada 11 November 2010 13.30 , Anonymous Anonim mengatakan...

Bisa tahu gak nama desanya apa yang sekampung semuanya adalah pengrajin ? kalo bisa sekalian contact personnya siapa yang bisa dihub, saya mau bawa tamu nih ke Madura, minta batik Tanjung Bumi

 
Pada 15 Desember 2010 18.53 , Anonymous Anonim mengatakan...

Maimona tu pedagang batik. Membuat sendiri batik baru saja dilakukan. Pengrajin batik semadura juga tau.
Pusat batik tanjung bumi, ya di desa tanjung bumi.
Tolong cari info lebih dari satu pihak.

 
Pada 15 November 2011 12.43 , Blogger Batik mengatakan...

saya ijin copas artikelnya y..

terima kasih

 
Pada 17 Januari 2012 10.40 , Anonymous ugheck mengatakan...

saya ijin copas artikelnya ya...

 
Pada 21 April 2014 10.15 , Anonymous Anonim mengatakan...

saya baru dari Tanjung Bumi sabtu kemaren ke BAtik Zulfa, dan memang bagus serta murah....saya sampai beli 8 potong batik dengan harga bervariasi........200 rb sd 750 rb

 
Pada 6 Oktober 2014 13.18 , Blogger eddie barilwis mengatakan...

Mantapz. Saya juga seneng batik kuno. Sudah mengumpulkan batik kuno wlopun masih belum banyak. Lanjut lestarikan budaya indonesia terutama batik. Yg masih selamat dr colongan tangan jahil yg suka xolong budaya. Alhamduliilah indonesia bisa menjaga batik hingga diakui dunia.

 
Pada 4 Maret 2015 10.58 , Anonymous batik madura mengatakan...

Kalau kerjasma jual batik bagaimana caranya?

Salam sukses by pengrajin batik madura

 
Pada 9 Maret 2015 08.40 , Anonymous batik gentongan madura mengatakan...

batik gentongan dari segi harga memang mahal

 
Pada 20 Mei 2015 13.03 , Blogger JAKET KULIT ANUGRAH 99 mengatakan...

saya memiliki kain gentong asli yg usia nya sudah ratusan tahun warna kuning (amelia)bergambar kan bunga bangkai ,bunga raflesia,burung,mau saya jual kalau harga nya cocok tlp 087722171667

 
Pada 18 Juni 2015 18.11 , Blogger M Rasyid mengatakan...

yth :pemilik blog
izin bagi-bagi info agan
Mencoba lebih baik dari pada diam. saya yang sudah bergabung di perusahaan okeyprofits.com mengajak anda untuk bergabung dan ikut serta merasakan keuntungan hanya dalam 100 hari. jangan biarkan uang anda diam dan malah berkurang tapi jalankan uang anda 2 x lipat untung 100 hari. minimal deposit 10 usd. Example
anda deposit 100 usd bonus 20% maka menjadi 120 usd yang akan kami kirimkan, 1 usd x 10 rb ke pusat kalau melalui saya x 9 rb. modal 100 usd itu akan menjadi 200 usd dalam 100 hari. kalau mau ditukar ke rupiah tukar langsung ke pusat atau ke sponsor (sesuai syarat dan ketentuan perusahaan) maka rupiah akan di kirimkan ke bank pribadi anda. bank apapun itu kita akan kirimkan. kepercayaan anda adalah tanggung jawab kami.
my info 082166643133
Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
Referensi Pendaftaran

Referensi Blog

Aplikasi Paling Keren

 
Pada 7 Maret 2016 10.16 , Blogger ninest123 mengatakan...

ninest123 16.03
uggs outlet, ralph lauren polo, louis vuitton outlet online, oakley sunglasses, oakley sunglasses, uggs on sale, uggs on sale, louis vuitton, nike outlet, prada outlet, gucci handbags, burberry outlet, replica watches, replica watches, prada handbags, christian louboutin, ray ban sunglasses, michael kors handbags, louboutin shoes, tiffany jewelry, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, michael kors outlet, nike air max, tiffany jewelry, burberry factory outlet, louis vuitton handbags, longchamp outlet, ray ban sunglasses, nike air max, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, michael kors outlet online, oakley sunglasses, ralph lauren outlet, louis vuitton outlet, nike free, michael kors outlet online, uggs outlet, michael kors, uggs on sale, louboutin uk, longchamp outlet, cheap jordans, christian louboutin, tory burch outlet, cheap oakley sunglasses, longchamp bags

 
Pada 7 Maret 2016 10.18 , Blogger ninest123 mengatakan...

michael kors uk, abercrombie and fitch, michael kors outlet online, burberry pas cher, ray ban uk, longchamp pas cher, lunette ray ban pas cher, sac guess pas cher, michael kors, hogan sito ufficiale, hollister uk, true religion outlet, nike free, true religion outlet, nike air max pas cher, nike air max uk, nike roshe run pas cher, vanessa bruno pas cher, timberland pas cher, vans pas cher, coach outlet store online, nike free pas cher, coach purses, polo ralph lauren uk, abercrombie and fitch UK, north face uk, mulberry uk, nike air force, michael kors, longchamp soldes, replica handbags, lunette oakley pas cher, coach outlet, lululemon outlet, nike blazer pas cher, polo lacoste pas cher, nike roshe uk, converse, nike air max, ralph lauren pas cher, nike air max uk, north face pas cher, true religion outlet, nike tn pas cher, new balance, jordan pas cher, hermes pas cher, louboutin pas cher, true religion jeans

 
Pada 7 Maret 2016 10.20 , Blogger ninest123 mengatakan...

north face outlet, beats by dre, iphone cases, iphone 6 plus cases, new balance shoes, instyler ionic styler, nike air max, hermes handbags, salvatore ferragamo, asics running shoes, celine handbags, hollister clothing, bottega veneta, herve leger, converse, soccer jerseys, hollister, timberland boots, p90x workout, giuseppe zanotti, reebok outlet, mont blanc, jimmy choo outlet, lululemon outlet, louboutin, ipad cases, longchamp uk, iphone 6 cases, mcm handbags, polo ralph lauren, softball bats, oakley, insanity workout, nfl jerseys, nike air max, iphone 6s cases, nike roshe run, wedding dresses, valentino shoes, s6 cases, ghd hair, iphone 6s plus cases, babyliss pro, chi flat iron, soccer shoes, abercrombie, abercrombie and fitch, north face outlet, iphone 5s cases, vans scarpe, vans outlet, mac cosmetics

 
Pada 7 Maret 2016 10.21 , Blogger ninest123 mengatakan...

swarovski uk, hollister, canada goose jackets, canada goose outlet, toms shoes, louis vuitton, moncler, louis vuitton, juicy couture outlet, moncler outlet, moncler jackets, pandora uk, bottes ugg pas cher, moncler pas cher, montre pas cher, ugg,uggs,uggs canada, replica watches, swarovski jewelry, converse shoes outlet, thomas sabo uk, links of london uk, supra shoes, ugg pas cher, canada goose, barbour jackets uk, pandora jewelry, lancel, barbour, canada goose outlet, canada goose, pandora jewelry, moncler, ugg uk, coach outlet, moncler, louis vuitton uk, pandora charms, moncler, juicy couture outlet, canada goose uk, ray ban, canada goose jackets, marc jacobs, moncler uk, sac louis vuitton, sac louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, wedding dresses uk, canada goose pas cher, karen millen uk, gucci
ninest123 16.03

 
Pada 13 Juli 2016 08.30 , Blogger xjd7410@gmail.com mengatakan...

celine bags
air jordan femme
timberland shoes
gucci handbags
nike outlet
kate spade outlet
supra for sale
kobe 9
coach outlet
nike store
nike uk
louboutin shoes
ralph lauren outlet
fit flops
retro 11
adidas outlet store
nike sb dunks
true religion outlet online
nike roshe run
timberland outlet
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
cheap air jordans
coach outlet
toms outlet
true religion sale
louis vuitton outlet
oakley canada
gucci belts
christian louboutin
chenyingying2016713

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda