Tanjungbumi Dengan 'Batik Gentong' yang Eksotik

Beberapa Motif batik Madura (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)

Pagi itu memang hari sangat terik di Surabaya. Dan jembatan Suramadu telah dipadati oleh penyeberang. Hari ini saya akan melanjutkan perjalanan saya untuk menyusuri jejak batik Jawa Timur ke pulau garam Madura. Tepatnya di kota Bangkalan.

Lebih dahulu saya ingin mengunjungi seorang pengusaha batik yang telah merintis usahanya dari generasi ke generasi, Siti Maimona di kota Bangkalan - Madura. Tepatnya 10 kilometer dari jalan baru tol Suramadu. Bu Mai (begitu sapaan akrabnya) juga seorang kolektor dari batik-batik yang sudah berusia ratusan tahun.

Sayang saat saya berkunjung, bu Mai sedang keluar kota. Tapi ada beberapa orang keluarga yang juga asistennya mau menggantikan. Abdulrahman, menemui kami untuk menjelaskan tentang batik Madura.

Mulai 1998 Siti Maimona mulai serius mengolah batik. Pada awal usahanya Bu Mai hanya dibantu keluarganya namun kemudian dapat mempekerjakan masyarakat sekitarnya terutama perempuan.

Beberapa Motif batik Madura (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)

Menggunakan motif klasik, moderen, atau kombinasi. Hal itu berdasarkan pesanan atau ketertarikan pembeli pada motif yang ada. Kebanyakan dari kreatifas dari Bu Mai sendiri. Atau memberikan kesempatan pada perajinnya untuk membuat pola, lalu direngreng (menggambar pada kain batik).

Saat ini dapat menghasilkan 300 – 400 lembar kain per bulan, dengan kualitas rendah (warna sintetis, penggambaran kasar dan canting ukuran besar) oleh 80 orang perajin binaannya. Sedang untuk batik yang halus karena pengerjaan lebih lama maka dihasilkan lebih sedikit berkisar puluhan lembar. Apalagi jika merupakan batik gentongan (untuk warna biru). Selain perendaman yang membutuhkan waktu, juga dibutuhkan keahlian dalam meramu warna alami untuk menghasilkan warna-warna tertentu.

Jika pola yang ada cocok untuk pengerjaan secara eksklusif maka batik tersebut akan dikerjakan dengan pewarnaan sistem gentong, yang kemudian dikenal dengan batik gentong. Yang menjadikan batik olahan gentong ekslusif adalah waktu celup di gentong yang sangat lama dan bahan pewarna alami.

Proses pembuatan kain batik. Kain sebelum di rengreng lebih dahulu dilakukan proses lecak, yaitu kain direndam dengan sejenis biji-bijian nyamplong dicampur air abu, berfungsi agar kain hilang dari minyak dan bahan pengembang kain (kain bisa mengerut). Juga mengharumkan, menghaluskan dan membuat hasil pewarnaan lebih baik. Hal ini akan membuat proses selanjutnya lebih baik dan mudah. Proses ini membutuhkan waktu tiga minggu sampai satu bulan.

Beberapa motif yang sering diproduksi antara lain, carcena (ada pengaruh Tionghoa), sikmalaya, napaser, sarpoteh, sabe, truci, panjikereng, panji tongkol, panjisuci dan banyak lagi motif klasik lainnya.

Untuk batik-batik halus dan gentongan konsumen yang terbanyak masih dari Jakarta. Karena harganya yang masih cukup tinggi. Sedang konsumen luar negeri masih relatif kecil.

Koleksi batik kuno

Selain itu Bu Mai pemilik Pesona Batik Madura juga mengoleksi batik-batik yang berusia ratusan tahun. Batik yang dirawatnya dengan baik ini merupakan saksi sejarah keindahan dan kekayaan motif batik Madura.
Beberapa koleksi yang usianya 200 tahun antara lain mano’ juduh tarpotè kellèngan, tarpotè bangan, burubur”, rawan mèra”, tana pasèr mèra.

Koleksi batik kuno (Koleksi pribadi Ibu Maimonah - Bangkalan/amelia)


Gentongan Tanjungbumi

Setelah itu kami melaju kearah kecamatan Tanjungbumi berjarak 50 kilometer ke utara dari kota Bangkalan. Tepatnya didaerah Peseseh, daerah pesisir pantai dan memiliki pelabuhan tempo dulu. Menemui pengusaha batik yang telah dirintis empat generasi, Zulfa batik. Wuri dan Alim suaminya, meneruskan usaha batik dari ibunda Wuri, Bu Hajjah Zulfa. Sebagai keluarga pembatik, Wuri ingin juga melestarikan budaya batik Tanjungbumi yang terkenal itu.

Wuri pewaris batik Zulfa dengan batik gentongan koleksinya(oscar)

Tanjungbumi daerah pesisir pantai, memiliki riwayat tersendiri dengan batiknya. Dahulu batik menjadi pekerjaan perempuan di daerah itu untuk mengisi waktu luang menunggu suami mereka yang bekerja sebagai pelaut pergi ke daerah yang jauh, seperti ke pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Bagi perempuan Tanjungbumi, menunggu kedatangan suami merupakan saat-saat paling panjang dan menegangkan. Mereka selalu gelisah apakah suaminya bisa pulang kembali dengan selamat dan bisa membawa uang untuk biaya rumah tangga. Untuk mengurangi rasa gelisah tersebut, akhirnya mereka mulai belajar membatik. Namun, hingga kini belum ada yang dapat memastikan kapan para istri itu mulai membatik.

Selain itu masyarakat disana juga memiliki budaya, batik digunakan untuk simpanan. Yang diperlakukan sebagai emas atau tabungan. Atau disimpan untuk diserahkan kepada anak dan cucu, sebagai tanda kasih dan cinta ibu. Batik menjadi salah satu sumber kekayaan dan kebanggaan mereka. Tak heran mereka melakukannya dengan sepenuh hati.

Nilai ini semakin bergeser karena zaman, membatik bukan lagi sebagai tanda kasih dan cinta ibu, namun semata-mata untuk mencari uang. Nilai komersial ini menjadi salah satu sebab mengapa hasil penggarapan batik tidak lagi sebagus yang dahulu?

Kegiatan yang dilakukan untuk membunuh waktu itu sekarang menjadi industri rakyat yang cukup besar. Tanjungbumi menjadi kecamatan terbesar di Madura yang memproduksi batik. Popularitas mulai dikenal penggemar batik Tanah Air.

Sekarang di Tanjungbumi ada 530 unit usaha batik dengan 1.000-an perajin. Jumlah tersebut belum termasuk para perajin yang mengerjakan secara perorangan yang sifatnya hanya sekadar kerajinan tangan saja. Unit-unit perbatikan itu tersebar di Desa Macajah, Desa Telaga Biru, Desa Paseseh dan Desa Bume Anyar.

Pada zaman dahulu, membatik menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan untuk batik gentongan bisa mencapai satu tahun proses hanya untuk sepotong batik. Hal ini karena motif yang sangat rumit dan detil. Luar biasa. Benar-benar sebuah mahakarya.

Tak salah jika sepotong batik gentongan Tanjungbumi ini berharga antara 2,5 juta hingga 5 juta rupiah bahkan lebih. Lebih mahal daripada emas. Bahkan untuk batik sutra, karena batik gentongan atau tulis yang halus, gambar motifnya bolak-balik/dua sisi, sedangkan pada sutra hanya satu sisi saja.

Batik gentongan merupakan batik khas Tanjungbumi, bercirikan warna yang berani (colour full) dan pengerjaan yang halus. Motif-motifnya beragam, namun tidak dapat diketahui secara pasti apakah yang menjadi motif klasik batik gentongan. Seperti yang kebanyakan, motif kembang randu, burung hong, sik melaya, ola-ola dan banyak lagi.

Motif-motif klasik Tanjungbumi sikmalaya, ola-ola, (Oscar)

Bagaimanakah membedakan batik gentongan (memiliki warna biru dengan pewarna alami) dan batik biasa yang memiliki warna biru dongker dari bahan kimia? Ternyata menurut Wuri, sangat sulit membedakannya, kecuali pembatiknya sendiri. Ini tergantung dari kejujuran penjual batik kepada pembeli. Namun jika beruntung, batik gentongan ada yang masih memiliki aroma rempah-rempah karena perendaman.

Meski kekuatan warna gentongan dan batik halus pewarna sintesis sama, namun batik gentongan makin lama warnanya makin cemerlang meski kainnya telah rapuh.

Wuri kemudian menunjukkan batik gentongan miliknya yang sangat indah, bermotif til cantil. Batik dengan motif tersebut digunakan untuk kain gendongan anak bangsawan pada zaman lampau. Dan telah dihargai 5 juta rupiah namun Wuri belum ingin melepasnya. Menurutnya, batik tersebut langka karena pengerjaan yang halus dan motifnya sangat indah.

“Batik gentongan kami memang mahal, tapi kami menjual kualitas. Seperti batik ini sangat halus dan sudah ditawar 5 juta rupiah tapi saya belum ingin melepasnya. Karena motifnya indah dan pengerjaannya halus.”

Biasanya pembeli langsung membeli jika ada batik dengan motif bagus, karena untuk memesan jarang bisa mendapatkan motif yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Proses Pembatikan

Perlakuan pertama dari proses batik Jawa Timur sedikit berbeda, yaitu adanya proses perendaman kain mori menggunakan minyak nyamplong dan abu sisa pembakaran kayu dari tungku. Setelah itu baru kain di beri gambar motif (direngreng) pada kedua sisinya. Lalu diberi malam. Dan proses pewarnaan. Proses ini merupakan proses paling penting karena pada batik Jawa Timuran memiliki banyak warna. Warna yang dihasilkan adalah ukuran berhasil tidaknya proses pembatikan yang dilakukan.

Gentong yang digunakan untuk merendam kain batik. Usia gentong tersebut sudah seratus tahun, yang dimiliki turun temurun. Batik yang sedang diangin-anginkan (tengah). Batik gentong yang jadi (oscar)

Seperti pada batik gentongan, lamanya perendaman batik dalam gentong juga menentukan warna biru yang dikehendaki. Atau pewarnaan dengan warna lain yang direndam dengan warna tertentu lalu disikat hingga berulang-ulang agar didapat warna yang dikehendaki.

Setelah didapatkan warna yang dikehendaki maka dilakukan proses lorotan yaitu melorotkan atau meluruhkan lilin atau malam dengan air mendidih. Baru kemudian dijemur dipanas matahari.

Mitos Gentongan

Dalam pemrosesan batik gentongan, dihentikan jika ada tetangga yang meninggal hingga tujuh harinya. Semasa penyimpanan dalam gentong, setiap hari dilakukan proses pengangkatan dan kain diangin-anginkan. Jika ada yang meninggal proses ini dihentikan. Jika dipaksakan maka menghasilkan warna yang pudar.

Menurut Abdulrahman, masyarakat perajin batik gentongan masih meletakkan sajen setiap tujuh bulan sekali. Dengan harapan agar batik gentongan hasilnya sesuai yang diinginkan.

Mengapa hanya di Tanjungbumi?

Batik gentong hanya ada di Tanjungbumi - Madura, belum ditemukan dibuat di daerah lain. Ini dikarenakan air yang ada di pulau Madura. Air yang berkadar kapur tinggi sangat menguntungkan untuk proses pewarnaan. Warna menjadi lebih cemerlang. Sedangkan didaerah lain warnaya tidak dapat sebagus di Tanjungbumi.

Bahan alami kulit pohon jambal untuk warna kuning (amelia)

Khusus batik gentongan memakai pewarna alami atau soga alam. Warna merah bisa diambil dari kulit mengkudu, warna hijau dari kulit mundu dicampur tawas, biru dari daun tarum. Kepekaan warna dicapai dari lamanya waktu merendam. Pewarna alam lainnya yang kerap dipakai, baik untuk gentongan maupun jenis batik lainnya antara lain kulit buah jelawe, kayu jambal, dan lainnya.

Kebanyakan batik Madura memilih warna terang, merah, kuning, hijau. Namun, batik gentongan memiliki warna yang beragam. Motif tarpoteh (latar belakang poteh/putih) misalnya, mencitrakan warna yang elegan, seperti hitam dan coklat pada motif-motifnya

Masa depan

Tanjungbumi sebagai sentral dari batik Madura, telah memiliki trademark tersendiri untuk batik Jawa Timur, mengharapkan pada waktu dekat akan memiliki kelompok perajin batik Tanjungbumi sendiri untuk mengembangkan produksi mereka.

Perajin mendapat kesempatan lebih untuk memperkenalkan lebih luas batik Madura khas Tanjungbumi. Keunikan dan karakter tersendiri dari batik gentongan.

Perajin batik masih didominasi oleh kaum perempuan, jika pemasaran batik lebih meluas maka produksinya meningkat. Tentu hal ini akan lebih memberdayakan perajin dan meningkatakan taraf hidup mereka yang konon Tanjungbumi banyak perempuannya berstatus janda.

Menurut Alim untuk meningkatkan taraf hidup perajin dan batik khususnya Tanjungbumi adalah dengan menjual batik dengan harga yang tinggi dan memberikan upah pada perajin dengan tinggi. Hal ini juga dapat tetap melestarikan batik Tanjungbumi yang mulai banyak ditinggalkan karena banyaknya pekerjaan lain yang lebih menjanjikan. (ET_Sby/Amelia/Oscar)

Sumber: Epochtimes, Jumat, 10 Juli 2009

Label: , , , ,

43 Komentar:

Pada 8 Januari 2010 pukul 14.49 , Anonymous denny mengatakan...

dear mbak/mas admin,

aku ijin copas ya artikelnya, bolehkah?

Regards,
Denny

 
Pada 16 Februari 2010 pukul 23.31 , Anonymous Anonim mengatakan...

selamat mbak tetap eksis dan lebih meluas kita cinta budaya indonesia.

 
Pada 16 Februari 2010 pukul 23.39 , Anonymous Anonim mengatakan...

mbak maju terus ya sampai kemancanegara , saya sering melihat mbak di tv metro, dan pameran dijakarta saya salut dan sangat bangga sekali.

 
Pada 22 Februari 2010 pukul 10.55 , Anonymous Anonim mengatakan...

Tentang keadaan Di tanjung bumi yang terkenal dengan batik tulisnya,saya cuma mau menambahkan bahwa pusatnya batik tulis yang paling bagus adalah di desa tajung,kec tanjung bumi itu sendiri bukan di macajah atau di paseseh.atau lebih lengkap lagi anda hub no ini 081230222320. terimakasih.kurang lebihnya saya minta maaf.

 
Pada 22 Februari 2010 pukul 11.32 , Blogger Alfiani jamilah mengatakan...

ada 22 Februari 2010 10:55 , Anonymous Anonim mengatakan...

Tentang keadaan Di tanjung bumi yang terkenal dengan batik tulisnya,saya cuma mau menambahkan bahwa pusatnya batik tulis yang paling bagus adalah di desa tajung,kec tanjung bumi itu sendiri bukan di macajah atau di paseseh.atau lebih lengkap lagi tentang batik tulis tanjung bumi anda hub no ini 081230222320. terimakasih.kurang lebihnya saya minta maaf.

 
Pada 12 April 2010 pukul 00.01 , Anonymous Anonim mengatakan...

Mohon maaf, pusat tempat batik yang paling bgus dan halus d Paseseh, memang d Tajung banyak pengrajin batik tapi batik biasa (alias batik tor-cettor), bisa di buktikan sendiri. Terima kasih

 
Pada 17 Mei 2010 pukul 13.07 , Anonymous dina mengatakan...

maaf, aq ijin mengkopy artikelnya boleh g'?




dina
sampang-madura

 
Pada 2 Juli 2010 pukul 01.37 , Anonymous Anonim mengatakan...

batik emang bagus kwalitasnya apalagi yang namanya Norhafy paling bagus setanjung bumi.kalau mesan batik pergi aja ke macajah alamat depan S.M.A....T.BUMI kutunggu ...ya....ya...ya...okeeeeee...?

 
Pada 11 November 2010 pukul 13.30 , Anonymous Anonim mengatakan...

Bisa tahu gak nama desanya apa yang sekampung semuanya adalah pengrajin ? kalo bisa sekalian contact personnya siapa yang bisa dihub, saya mau bawa tamu nih ke Madura, minta batik Tanjung Bumi

 
Pada 15 Desember 2010 pukul 18.53 , Anonymous Anonim mengatakan...

Maimona tu pedagang batik. Membuat sendiri batik baru saja dilakukan. Pengrajin batik semadura juga tau.
Pusat batik tanjung bumi, ya di desa tanjung bumi.
Tolong cari info lebih dari satu pihak.

 
Pada 15 November 2011 pukul 12.43 , Blogger Ummu Fahmi mengatakan...

saya ijin copas artikelnya y..

terima kasih

 
Pada 17 Januari 2012 pukul 10.40 , Anonymous ugheck mengatakan...

saya ijin copas artikelnya ya...

 
Pada 21 April 2014 pukul 10.15 , Anonymous Anonim mengatakan...

saya baru dari Tanjung Bumi sabtu kemaren ke BAtik Zulfa, dan memang bagus serta murah....saya sampai beli 8 potong batik dengan harga bervariasi........200 rb sd 750 rb

 
Pada 6 Oktober 2014 pukul 13.18 , Blogger Unknown mengatakan...

Mantapz. Saya juga seneng batik kuno. Sudah mengumpulkan batik kuno wlopun masih belum banyak. Lanjut lestarikan budaya indonesia terutama batik. Yg masih selamat dr colongan tangan jahil yg suka xolong budaya. Alhamduliilah indonesia bisa menjaga batik hingga diakui dunia.

 
Pada 4 Maret 2015 pukul 10.58 , Anonymous batik madura mengatakan...

Kalau kerjasma jual batik bagaimana caranya?

Salam sukses by pengrajin batik madura

 
Pada 9 Maret 2015 pukul 08.40 , Anonymous batik gentongan madura mengatakan...

batik gentongan dari segi harga memang mahal

 
Pada 20 Mei 2015 pukul 13.03 , Blogger Unknown mengatakan...

saya memiliki kain gentong asli yg usia nya sudah ratusan tahun warna kuning (amelia)bergambar kan bunga bangkai ,bunga raflesia,burung,mau saya jual kalau harga nya cocok tlp 087722171667

 
Pada 7 Maret 2016 pukul 10.16 , Blogger Unknown mengatakan...

ninest123 16.03
uggs outlet, ralph lauren polo, louis vuitton outlet online, oakley sunglasses, oakley sunglasses, uggs on sale, uggs on sale, louis vuitton, nike outlet, prada outlet, gucci handbags, burberry outlet, replica watches, replica watches, prada handbags, christian louboutin, ray ban sunglasses, michael kors handbags, louboutin shoes, tiffany jewelry, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, michael kors outlet, nike air max, tiffany jewelry, burberry factory outlet, louis vuitton handbags, longchamp outlet, ray ban sunglasses, nike air max, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, michael kors outlet online, oakley sunglasses, ralph lauren outlet, louis vuitton outlet, nike free, michael kors outlet online, uggs outlet, michael kors, uggs on sale, louboutin uk, longchamp outlet, cheap jordans, christian louboutin, tory burch outlet, cheap oakley sunglasses, longchamp bags

 
Pada 7 Maret 2016 pukul 10.18 , Blogger Unknown mengatakan...

michael kors uk, abercrombie and fitch, michael kors outlet online, burberry pas cher, ray ban uk, longchamp pas cher, lunette ray ban pas cher, sac guess pas cher, michael kors, hogan sito ufficiale, hollister uk, true religion outlet, nike free, true religion outlet, nike air max pas cher, nike air max uk, nike roshe run pas cher, vanessa bruno pas cher, timberland pas cher, vans pas cher, coach outlet store online, nike free pas cher, coach purses, polo ralph lauren uk, abercrombie and fitch UK, north face uk, mulberry uk, nike air force, michael kors, longchamp soldes, replica handbags, lunette oakley pas cher, coach outlet, lululemon outlet, nike blazer pas cher, polo lacoste pas cher, nike roshe uk, converse, nike air max, ralph lauren pas cher, nike air max uk, north face pas cher, true religion outlet, nike tn pas cher, new balance, jordan pas cher, hermes pas cher, louboutin pas cher, true religion jeans

 
Pada 7 Maret 2016 pukul 10.21 , Blogger Unknown mengatakan...

swarovski uk, hollister, canada goose jackets, canada goose outlet, toms shoes, louis vuitton, moncler, louis vuitton, juicy couture outlet, moncler outlet, moncler jackets, pandora uk, bottes ugg pas cher, moncler pas cher, montre pas cher, ugg,uggs,uggs canada, replica watches, swarovski jewelry, converse shoes outlet, thomas sabo uk, links of london uk, supra shoes, ugg pas cher, canada goose, barbour jackets uk, pandora jewelry, lancel, barbour, canada goose outlet, canada goose, pandora jewelry, moncler, ugg uk, coach outlet, moncler, louis vuitton uk, pandora charms, moncler, juicy couture outlet, canada goose uk, ray ban, canada goose jackets, marc jacobs, moncler uk, sac louis vuitton, sac louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, wedding dresses uk, canada goose pas cher, karen millen uk, gucci
ninest123 16.03

 
Pada 13 Juli 2016 pukul 08.30 , Blogger xjd7410@gmail.com mengatakan...

celine bags
air jordan femme
timberland shoes
gucci handbags
nike outlet
kate spade outlet
supra for sale
kobe 9
coach outlet
nike store
nike uk
louboutin shoes
ralph lauren outlet
fit flops
retro 11
adidas outlet store
nike sb dunks
true religion outlet online
nike roshe run
timberland outlet
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
cheap air jordans
coach outlet
toms outlet
true religion sale
louis vuitton outlet
oakley canada
gucci belts
christian louboutin
chenyingying2016713

 
Pada 24 Mei 2017 pukul 13.27 , Anonymous Anonim mengatakan...

A feature that lets you begin a live tumblr.com/ video clip conversation within a Official Website straight message in snapchat is right Snapchat Download For PC & Smartphone (Android) here Direct messaging as well as Snapchat video clip conversation messaging are additionally possible in snapchat In snapchat Snapchat APK you could even view back the breaks at anytime.

 
Pada 3 Juli 2017 pukul 17.24 , Anonymous Anonim mengatakan...

if you have, Windows, Mac or Linux, Download Kodi It functions the very same. I have detailed all the documents, Website programs and equipment you will require for this tutorial to go smoothly.Kodi You will certainly need iTunes mounted on your PC, doesn't need to be running.

 
Pada 20 Maret 2018 pukul 21.45 , Blogger sherrysabri mengatakan...

شركه تنظيف خزانات بالقطيف
تهتم الشركة بتوفير مجموعه كبيره من المنظفات الخاصة بتنظيف الخزانات من الداخل والخارج كما تتبع نظام معين في عمليه التنظيف حيث يتم إفراغ الماء الموجود داخل الخزان من خلال صرف الماء على المصارف العامة ثم يتم نشر المادة المنظفة على كافه جدران وأرضيات الخزان ويتم جليها بشكل جيد ثم يتم صرف الماء مره أخرى وإعادة تعبئته للاستخدام العادي مرة أخري
شركة تسليك مجاري بالقطيف
شركة كشف تسربات المياه بالقطيف
شركة تنظيف خزانات بالقطيف
شركة عزل خزانات بالقطيف

 
Pada 26 Maret 2018 pukul 04.21 , Blogger بيت العز mengatakan...

اذا كنت من سكان دبى وتبحث عن شركة شاملة لخدمات النظافة فالمنارة
شركة تنظيف موكيت بالبخار بدبى
هى الافضل من بين شركات تنظيف بالبخار بدبى والتى تهتم كثيرا بتقديم كافة اعمال التنظيف
شركة تنظيف بالبخار بدبى
لكافة الاغراض التى يتسخدمها الانسان وهذا للقضاء على مشاكل انتقال الجراثيم والميكروبات التى تنقل العدوى لاخطر الامراض
تنظيف بالبخار فى دبى
تنظيف السجاد بالبخار فى فى دبى
شركة تنظيف الكنب بالبخار فى دبى

افضل شركة تنظيف كنب بالبخار بدبى


شركة تنظيف بدبى
شركة نظافة بدبى
شركات تنظيف المباني في دبي
شركات تنظيف المنازل فى دبى
شركة تنظيف شقق فى دبى
شركات تنظيف المبانى فى دبى

 
Pada 26 Maret 2018 pukul 04.26 , Blogger بيت العز mengatakan...


المنارة هي أهم الشركات المتخصصة في التنظيف الشامل على مستوى الإمارات المتحدة تقدم خدمات ذات مستوى عالي بجودة منقطعة النظير فهي عنوان للتميز والرقي حيث أن سياسة شركة تنظيف منازل فى الشارقة في جميع تفاصيلها تهدف إلى إرضاء العميل وتوفير جميع السبل المساعدة على ذلك .
شركة تنظيف فى الشارقة
شركة نظافة فى الشارقة
شركة تنظيف بالشارقة
.

شركة تنظيف موكيت بالبخار بالشارقة

تنظيف السجاد بالبخار فى الشارقة
تنظيف بالبخار فى الشارقة
شركات تنظيف المنازل فى الشارقة
شركة تنظيف فلل فى الشارقة
شركات تنظيف المبانى فى الشارقة
شركة تنظيف شقق فى الشارقة





 
Pada 3 Maret 2019 pukul 19.49 , Blogger gneral mengatakan...

توفر الشركة مجموعة من أقوي المنظفات التي يمكن توفيرها فجمي تهتم الشركة بتوفير كافة أنواع الأجهزة والمواد المختلفة والمتطورة التي تستخدم في عملية تنظيف المجاري وشفط البيارات وإزالة جميع العوالق والفضلات التي تتراكم وتسبب الانسداد التام علي المدى البعيد لذلك توفر الشركة مجموعة كبيرة من الأجهزة المتطورة التي تستخدم في سحب كافة أنواع الفضلات والعوالق من الداخل كما توفر سيارات كبيرة خاصة بضخ المياة تقوم بضخ المياة بقوة للتأكد من سلامة الصرف وجريان الماء بالشكل الطبيعي كما توفر الشركة مجموعة كبيرة من المنظفات الخاصة والقوية جدا والفعالة بشكل يجعلها تفتت أصعب الدهون الموجودة داخل البيارات بكل سهولة ويسر كما تنصح الشركة بالاهتمام بشكل مستمر بتسليك وتنظيف البيارات لمنع الانسداد وتجنب مشاكله المختلفة والتي لا حصر لها والتي تكمن بشكل أساسي في أضرار صحية متعددة.
شركة تنظيف منازل بالرياض

شركة نقل عفش بالرياض

شركة تنظيف سجاد بالرياض
تسريب المياة يحدث بشكل مستمر في أي وقت والظاهر منه هو الذي يمكن ملاحظته والتعامل معه بشكل سريع والذي تظهر إثارة بشكل واضح علي الجدران من تنقيط طفيف للماء أو رطوبة منتشرة في المكان بالكامل أو انتشار روائح كريهة بالمكان غير معروف سببها حينها يتم البحث بشكل سريع والتعامل فورا مع ذلك التسريب أما إذا كان لديك تسريب مائي داخلي غير ظاهر المعالم فالخطورة تكون بشكل أكبر حينها يجب التعامل فورا والتنسيق مع شركة كشف تسربات المياه بعنيزة توفر أجهزة حديثة للقضاء علي جميع التسريبات الداخلية والخارجية وتغير كافة الوصلات التالفة لذا توفر الشركة مجموعة كبيرة من الأجهزة الخاصة بالكشف عن كافة أنواع التسريبات سواء كانت ظاهرة أم لا كما أن كافة الخامات والمعدات يمكنها الكشف دون الحاجة الي تكسير الجدران وإتلاف المنظر والديكورات وكل هذا بأسعار مناسبة جدا تتماشي مع جميع الطبقات
شركة مكافحة حشرات بالرياض
شركة تنظيف خزانات بالرياض
شركة مكافحة فئران بالرياض
توفر الشركة مجموعة من أقوي مواد إبادة الحشرات وأحدث الأجهزة الخاصة برش المبيدات المختلفة والمتطورة جدا فهي قادرة علي تغطية شاملة لكافة أماكن الإصابة المختلفة ورشها ومنع انتشار الحشرات المختلفة في المكان وكذلك تقوم الشركة بتوفير مجموعة من المبيدات التي يتم رشها بصورة سريعة والتي يختلف نوع كل منها عن الآخر ويتعامل كل نوع منها مع نوع بعينة من الحشرات فكل نوع له المادة الفعالة الخاصة به والقادرة علي التعامل مع الحشرات بشكل محترف وسريع كما تتميز كافة أنواع المبيدات الحشرية بعنصر الأمان فهو لا يسبب أي مشاكل صحية مهما كان كما يمكن التعامل بها في وجود أفراد المنزل بشكل عادي دون أي مشاكل كما توفر الشركة خدمة المتابعة الدورية حرصا علي سلامة المستخدم والتأكد من سلامة المكان
شركة مكافحة حمام بالرياض
شركة تخزين اثاث بالرياض

 
Pada 19 Oktober 2019 pukul 13.42 , Blogger seocom mengatakan...

شركة أحباب طيبة بالمدينة المنورة


شركة نقل عفش بالمدينة المنورة
شركة تنظيف بالمدينة المنورة
شركة تنظيف كنب بالمدينة المنورة

شركة تنظيف سجاد بالمدينة المنورة
شركة مكافحة النمل الابيض بالمدينة المنورة
شركة مكافحة البق بالمدينة المنورة
شركة مكافحة فئران بالمدينة المنورة
شركة مكافحة صراصير بالمدينة المنورة
شركة عزل بالمدينة المنورة

 
Pada 24 Mei 2020 pukul 07.20 , Blogger elrahma mengatakan...


Cleaning Rainfall Tank

Your normal water storage tank is a necessary part of your normal water system which needs to be regularly maintained mainly because neglected water tanks and systems are high-risk areas for the proliferation of bacteria such as Legionella, E coli, Pseudomonas and TVC. They have a video about how sediment generates up in our general population drinking water supplies. The normal water harvesting tank is linked to a drain located 50 meters away. Decide to purchase use pipes up until now hidden, ensure that it has a constant gradient so normal water can't sit in a single location. We treat your needs with greatest care and ensure your satisfaction in whatever we do. We are in Septic Tank Cleaning Companies, Companies, Residential Cleaning Services, and Corporate Cleaning Services.شركة تنظيف خزانات ببريدة
شركة كشف تسربات المياه ببريدة 0559144783
شركة كشف تسربات المياه بتبوك


Use a bristle brush or abrasive sponge to scrub the inside of the tank, with or without your cleaning solution. Hook the hose up to the valve upon the bottom of your container and allow all of the way to flow out toward your sewage system. However, properly treated water is fine to stay in your tanks for this amount of time. This process will improve the protection and flavour of your placed rain or bore normal water making filters last much longer, lowering the risk out of bacterial contamination and obtaining loss of that dirty flavor left by the sludge that form in the tank from dirt, particles and categorised organic subject.شركة كشف تسربات المياه بعنيزة 0559144783
شركه تنظيف خزانات بالرس
شركة كشف تسربات المياه بالرس 0559144783
شركة كشف تسربات المياه بالقصيم 0559144783.شركة تنظيف خزانات بالقصيم
شركة كشف تسربات المياه بتبوك
شركة تنظيف خزانات بتبوك
شركة عزل فوم بالقصيم

 
Pada 7 Juni 2021 pukul 03.47 , Blogger deraz mengatakan...

الروضة
تركيب جبس بورد دبي
شركات دهان في الشارقة

 
Pada 27 Juni 2021 pukul 22.42 , Blogger Mai mengatakan...

خدمات تلال
شركات تعقيم الفلل ضد فيروس كورونا بابوظبى
شركات تعقيم الشقق من الكورونا بابو ظبى

 
Pada 18 Mei 2022 pukul 04.53 , Anonymous Anonim mengatakan...

fon perde modelleri
Mobil Onay
MOBİL ODEME BOZDURMA
nft nasil alınır
Ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
dedektör
website.kurma
AŞK KİTAPLARI

 
Pada 31 Mei 2022 pukul 16.04 , Anonymous Anonim mengatakan...

smm panel
smm panel
iş ilanları
instagram takipçi satın al
hirdavatci
www.beyazesyateknikservisi.com.tr
servis
Jeton Hilesi

 
Pada 29 Desember 2022 pukul 18.00 , Anonymous hacklink mengatakan...

Good content. You write beautiful things.
hacklink
korsan taksi
vbet
sportsbet
sportsbet
mrbahis
vbet
mrbahis
taksi

 
Pada 31 Desember 2022 pukul 19.22 , Anonymous bonus veren siteler mengatakan...

Good text Write good content success. Thank you
kibris bahis siteleri
poker siteleri
betpark
kralbet
tipobet
mobil ödeme bahis
slot siteleri
betmatik

 
Pada 17 Juli 2023 pukul 05.46 , Anonymous yavuz mengatakan...

uşak
tokat
mecidiyeköy
kayseri
hatay
YT747A

 
Pada 22 Juli 2023 pukul 11.20 , Anonymous caner mengatakan...

çandır
C42FFS

 
Pada 22 Juli 2023 pukul 14.06 , Anonymous yavuz mengatakan...

çandır
AQ3Q

 
Pada 24 Juli 2023 pukul 01.46 , Anonymous kemal mengatakan...

turgutreis
datça
dalaman
çatalca
sarıyer
FURO4U

 
Pada 24 Juli 2023 pukul 04.45 , Anonymous oguz mengatakan...

turgutreis
datça
dalaman
çatalca
sarıyer
LGV

 
Pada 1 Agustus 2023 pukul 19.27 , Anonymous atilla mengatakan...

artvin
ağrı
ağrı
tunceli
hatay

L66

 
Pada 1 Agustus 2023 pukul 23.34 , Anonymous delfin mengatakan...

amasya
niğde
antakya
urfa
aydın

LWUT

 
Pada 2 Agustus 2023 pukul 01.57 , Anonymous ahmet mengatakan...

artvin
ağrı
ağrı
tunceli
hatay

İ3X1Y8

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda