Kambing Dikalungi Ketupat

Dari Tanjung, kita beralih melihat tradisi unik lainnya yang dimiliki warga Sampang. Salah satunya di Kelurahan Banyuanyar, Kota Sampang. Meski masih tergolong daerah pinggiran kota, namun warga Banyuanyar memilki tradisi unik saat Tellasan Topa' tiba.

Tidak hanya warga yang menikmati makna Tellasan Topa'. Tetapi juga sejumlah hewan ternak. Seperti sapi dan kambing. Buktinya, beberapa kambing milik warga setempat sengaja dilepas dan dibiarkan keluar kandang menggunakan kalung ketupat.

Fathur Rohman, warga Banyuanyar mengungkapkan bahwa tradisi tersebut tetap dijaganya hingga kini. Utamanya dilestarikan oleh sebagian warga yang memiliki hewan ternak. Namun diakuinya, suasananya tradisi unik tersebut sudah tak seramai dulu.

"Kita sengaja mengalungkan kambing atau sapi dengan ketupat. Maknanya, bahwa Lebaran ini bukan hanya milik kita. Tapi hewan pun juga diajak merasakan maraknya berlebaran ketupat," ujar Fathur Rahman yang juga merupakan ketua RT setempat.

Namun, sekali lagi, bergulirnya zaman juga diakuinya sedikit mengikis tradisi tersebut. "Kalau zaman dulu kambing yang dikalungi ketupat itu sengaja dikeluarkan dari kandang. Dan anak-anak berebut mengejar kambing untuk diambil ketupatnya untuk disantap. Sayangnya, sejak berapa tahun ini tidak ada lagi tradisi kejar kambing tersebut," cerita Fathur Rahman.

Seperti halnya Hamidah, Fathur Rahman juga menyadari hal itu adalah imbas dari pergeseran zaman. Dan itu merupakan hal yang wajar. Itu mengingat sang penganut tradisi sudah mulai berganti generasi. "Wajarlah, orang zaman sekarang sudah berbeda dengan orang zaman dulu. Jadi tradisi yang tidak dianggap penting sudah tak perlu dilakukan lagi," ujar Fathur Rohman sembari tersenyum. (SARI PURWATI)

Sumber: Jawa Pos, 09/10/08

Label: , , ,